Mengenal jenis-jenis tenses dalam bahasa Inggris

TENSES
TENSES


Apa yang dimaksud dengan tenses?
 
Seberapa pentingnya tenses didalam bahasa Inggris?

Tenses merupakan penekanan waktu yang digunakan dalam kalimat, tujuannya adalah untuk menjelaskan kejadian atau peristiwa berdasarkan waktunya. Hal ini tentu saja akan memberikan pengertian secara spesifik terhadap waktu dari kegiatan atau tindakan yang dilakukan, kapan dan bagaimana peristiwa itu terjadi.

Dalam bahasa Inggris Tenses telah dibagi menjadi beberapa pembagian waktu (time signal) yaitu present time (masa sekarang), past time (masa lampau) dan future time (dan masa yang akan datang). Dari tiap-tiap pembagian waktu ini, memiliki struktur pembentukan kalimat yang berbeda pula yang dapat diterapkan baik dalam segi pengucapan (speech) maupun dalam penulisan (writing). Dari ketiga pembagian waktu tersebut, tenses dibagi lagi kedalam beberapa pembagian penekanan waktu pada masing-masing pembagian waktu tersebut. Berikut pembagian penekanan waktu yang diterapkan dalam bahasa Inggris
  • The Present time (masa sekarang)
Simple Present tense 
 
- I go to school (saya pergi kesekolah) 
 
- She goes to school (dia/prempuan pergi kesekolah)

Present Progressive Tense 
 
- I am doing my homework (saya sedang mengerjakan pekerjaan rumahku) 
 
- He is buying something (dia/laki-laki sedang membeli sesuatu)

Present Perfect 
 
- I have written the essay (saya telah menuliskan karangan) 
 
- She has just gone away (dia baru saja pergi)

Perfect Continuous 
 
- I have been waiting you (saya sedang menunggumu disini) 
 
- It has been raining here (disini sedang turun hujan)
 
  • The past time (masa lampau)
Simple Past 
 
- I bought a new guitar yesterday (saya membeli sebuah gitar baru kemarin) 
 
- She left the room (dia telah meninggalkan ruangan)

Past Continuous 

- I was playing guitar yesterday (saya sedang bermain gitar kemarin) 
 
- He was singing (dia sedang bernyanyi)

Past Perfect 
 
- He had gone away (saya telah pergi) 
 
- I had bought the camera (saya telah membeli kamera tersebut)

Past Perfect Continuous
 
- He had been going to the party (dia sedang menuju pesta tersebut) 
 
- I had been washing my car (saya sedang mencuci mobilku)
 
  • The future time (masa yang akan datang)
Simple Future 

- I will go (saya akan pergi)
 
- She shall to borrow your book (dia akan meminjam bukumu)

Future Continuous

- I will be going when you arrive (saya akan pergi ketika kau tiba) 
 
- She shall be waiting you at seven (dia akan meunggumu pada pukul tujuh)

* Future perfect
 
 
- I will have slept before you come (saya pasti sudah ketiduran ketika kau datang) 
 
- She shall have finished the homework tomorrow (saya pastinya sudah menyelasaikan tugas tersebut besok)

* Future prefect continuous

- I will have been playing the game for two our before you come (saya pastinya sedang bermain game selama dua jam sebelum kau datang) 

- He shall has been taking the place before they arrived (saya pastinya telah menempati tempat itu sebelum mereka tiba)

Itulah beberapa bentuk penekanan waktu yang digunakan dalam bahasa Inggris. Hal ini tentu saja sangat di anjurkan untuk dipahami dalam proses pembelajaran khusunya bagi para pelajar bahasa inggris. Khusus bagi para pemula disarankan agar menguasai 6 jenis tensis terlebih dahulu yaitu simple present, present progressive, present perfect, simple past, past continuous, simple future. Dalam hal ini pengertian dan penggunaan dari masing-masing tenses perlu untuk diketahui agar kita tidak hanya memahaminya tetapi juga dapat menggunakannya dengan benar.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar