Past perfect Continuous Tense

PAST PERFECT CONTINOUS
past perfect continues

Past perfect continuous merupakan penekanan waktu yang digunakan dalam bahasa Inggris yang menyatakan tentang suatu kegiatan yang pernah terjadi dimasa lampau selama selang waktu tertentu, bentuk tensis ini menggunakan pola 

Had + been + infinitife + Ing

Past perfect continuous juga dapat dikatakan sebagai penekanan waktu yang menceritakan (refleksi) kembali suatu peristiwa yang sedang terjadi dimasa lampau dalam selang waktu tertentu. Berikut beberapa contoh kalimatnya:

- I had been swimming in the pool (saya sedang berenang di kolam)

- I had not been playing the game at the time (pada saat itu saya tidak sedang bermain game tersebut) 

- I had been looking for it (saya sedang mencarinya/benda) 

- I felt something wrong, when I had been standing here (saya merasakan ada yang yang aneh, ketika saya sedang berdiri disini) 

- I saw them, The childs had been running on the street before the accident happened (saya melihat mereka, anak-anak itu sedang berkejaran dijalanan sebelum kecelakaan tersebut terjadi)

Penggunaan perfect continous digunakan hanya untuk menyatakan seuatu kegiatan yang sedang berlangsung diwaktu lampau dan hanya merupakan sebuah flash back atau refleksi yang memiliki selang waktu tertentu dari kegiatan atau kejadian yang diungkapkan oleh penutur pada saat sekarang. perhatikan contoh kalimat yang lain berikut ini:

(1) Fnally I found my ID card, I had been looking for it so long (akhirnya saya menemukan kartu ID milikku, saya sudah lama mencarinya) 

(2) She tired, becuse she had been working (dia merasa lelah, karena dia sedang sibuk dengan pekerjaannya)

Pada contoh kalimat-kalimat diatas menjelaskan bahwa adanya kegiatan yang sedang berlangsung dimasa lampau dalam selang waktu tertentu dan telah berakhir pada masa lampau pula. Perhatikan pada kalimat (1), dalam hal ini subject telah menemukan kartu identitasnya yang sudah lama hilang, dan selama itu dia terus melakukan pencarian terhadap benda tersebut selama selang waktu tertentu sampai kartu tersebut ditemukan. Pada kalimat (2) dimana subject pada saat itu menghadapi hari yang sibuk, dimana dia sedang menjalani berbagai macam aktifitas dalam selang waktu tertentu diwaktu lampau.

Structure:

Tidak jauh berbeda dengan bentuk Past Perfect, past perfect continuous tense juga masih menggunakan struktur kalimat yang menggunakan "Had", dimana bentuk ini dapat berlaku pada semua unsur subeyek yang ada. Berikut structure dari past perfect continuous:

S + Had + been + Infinitive + In......

Untuk lebih mempermudah kita dalam memahaminya perhatikan tabel berikut ini:

Subject
Had
Been
Infinitive + Ing
I, You, We, They, He, She, It, the car, Arham, Mia and etc...
had
been
Working
Clubing
Swimming
Chatting
Diving
Dancing
Writing
running

Perlu diketahui bahwa dalam penggunaannya, antara Past Perfect Tense dan past perfect continuous Tense kadang sangat membingungkan. Meskipun demikian, antara keduanya jelaslah memiliki perbedaan dalam beberapa hal:

Past Perfect Tense menjelaskan suatu peristiwa yang telah selesai dimasa lampau, sedangkan pas perfect continuous mendeskripsikan kegiatan yang sedang berlansung pada masa lampau dan berakhir pada waktu lampau pula. Perhatikan kedua kalimat berikut

Past Perfect Tense

- I finally bought the camera from the shop, I had looked everywhere for the old one (akhirnya saya membeli kamera tersebut di toko itu, saya sudah mencarinya dimana-mana untuk kamera jadul ini)

Pas perfect continuous 
 
- I found the camera on the shop, I had been looking for it so long (saya temukan juga kameranya di toko itu, saya sedang mencarinya sejak lama)

Past perfect continuous juga dapat dibentuk kedalam kalimat negative dan Yes/No question, berikut pola kalimatnya:

S + Had + Not + Been + Infinitive + Ing........


Subject Had Not Been Invinitive+ Ing
I, You, We, They, He, She, It, the car, Arham, Mia and etc... had noot been Working
Clubing
Swimming
Chatting
Diving
Dancing
Writing
running

Sedangkan untuk membentuk kalimat Yes/No question dapat menggunakan pola berikut:

Had + S + Been + Infinitive + Ing.......?

Had you been buying the camera? 

Had you been swimming? 

Had they been working?


Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar