Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar

The Use Where and When


Hallo sobat Abc, tidak ada hari tanpa belajar. Gimana ya kalimatnya dalam bahasa Inggris? "No day without learning",  oke..oke sekarang saya tahu. Say hero.....eh hore!

Okeh ga pake H,..
Kali ini saya akan mencoba lagi mengangkat sebuah topik bacaan mengenai penggunaan WHERE dan WHEN. sebenarnya  topik ini bisa di bilang cukup receh dalam dunia Gramatika Bahasa Inggris, tapi ini sudah cukup juga buat mengisi otak pelajar yang lagi haus dengan pengetahuan. Emang lagi haus ya sob? Minum dulu sana 😁. Allright babe, sepertinya sudah ga pada sabaran nih. So kita langsung aja masuk ke topik bahasan sambil bercerita. 

Tentunya WHERE dan WHEN ini sudah tak asing lagi bagi kalian bukan? Kedua kata ini sering sekali kita jumpai dalam penulisan buku maupun percakapan bahasa Inggris sehari-hari (daily speaking). Ya, kedua kata ini sangat populer pada penggunaan kata tanya karena mereka berdua ini sejatinya termasuk WH question. Tapi tahukah kamu Where dan When bisa digunakan dalam berbagai hal berikut

Discours maker "Where"

Pernah mendengar istilah ini ga? Saya pernah menemukan materi ini pada salah satu buku tata bahasa Inggris tulisan orang Indonesia. Discourse maker, itu adalah bagian kata yang digunakan dalam penulisan untuk menjedah/membatasi sebuah gagasan agar tidak melebar. Discours maker ini juga berguna untuk mengalihkan satu topik bahasan ke pembahasan yang lain. Kalau dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari ini kurang lebih seperti penggunaan kata yang cukup familiar "by the way," istilah ini juga kadang  digunakan dalam perckapan kita lho. Bahkan sering kali saya juga menggunakannya dalam penulisan artikel situs blog ini. Sebentar lagi saya bakalan menggunakan kata ini untuk mengalihkan topik bahasan.

Where, biasanya digunakan kurang lebih mirip seperti kita menggunakan kata "dimana" dalam sebuah konteks penulisan bahasa Indonesia. Perhatikan paragraph berikut. 

" Manusia tidak seharusnya menjalani kehidupannya sendiri. Dimana, persoalan krisis moral sedang mewabah di tengah masyarakat kita".

Coba lihat bagaimana peranan kata "Dimana" dalam mengalihkan sebuah topik yang sebenarnya sempit menjadi melebar atau sebaliknya. Sambungan kalimat yang sesuai seharusnya lebih mengarah pada alasan kenapa manusia tidak harus menjalani hidup sendiri. Tapi karena adanya kata "Dimana maka kalimat itu cenderung mengarah pada unsur konflik. Coba hilangkan kata "Dimana" dalam paragraph tersebut maka padanan kalimat satu dan yang lain akan berantakan.

Tidak jauh berbeda dalam penulisan paragraph dalam bahasa Inggris. WHERE bisa digunakan dengan fungsi yang sama. 

Nowdays, Most students around the world can't speak English well. Where, it's clearly a sad story, a teacher is busy arguing about the flat earth (Saat ini, banyak siswa dibelahan dunia tidak dapat berbahasa Inggris dengan benar. Dimana, hal ini miris, seorang guru malah sibuk mendebatkan soal bumi datar.)
kurang lebih seperti itu, WHERE didalam paragraph tadi benar-benar bisa mengubah alur sebuah cerita kearah yang lebih masuk akal meskipun sebenarnya tidak. Bukan karena tidak nyambung tapi memang sengaja dibuat untuk tidak, biar lebih melebar lagi pembahasannya sampai si penulis merasa puas dan mengembalikan alurnya.

Where dan When Bagian dari Adjective Clause.

Sampai saat ini, masih ada juga yang mendebatkan soal Where dan When apakah mereka masuk dalam golongan Relative Pronoun atau tidak? Padahal mereka berdua ini bukan tersangka ataupun trendster. Lha mengapa berdebat? Relative pronoun itu fungsinya dua (1) sebagai penghubung independent clause dan Adjective Clause (dependen). (2) sebagai kata ganti penghubung yang menggantikan unsur subjective dan objective pronoun silahkan lihat ulasan saya sebelumnya Fungsi Relative Pronouns. Memang Where dan When disini tidak memiliki kedua fungsi yang disebutkan tadi. Tapi setidaknya mereka masih mengambil posisi pada fungsi yang pertama yakni sebagai penghubung. Aduh.. gitu aja kok repot. Biar ga ribet perhatikan contoh berikut ini

Where
(1) The buiding is very old - independent 
(1) He lives there -adj claus

(1) The building where he lives is very old.
(Bangunan yang dia tinggali adalah bangunan tua)

Where sejatinya digunakan untuk menggantikan kata tunjuk tempat. "There" merupakan kata yang merujuk kepada kata "the building".

When
(2) Monday is the day.
(2) They will come then

(2) Monday is today when they will become 
(Hari ini Senin dimana mereka akan berkunjung)

When digunakan untuk menggantikan kata yang menunjukkan waktu. gampang kan?Aduh please!... Ga usah pakai google translate buat yang beginian mah. Receh...hahai. 

WH question?

Ini ga perlu penjelasan lagi WH ini apa. Hahai.. kalian udah pasti lagi pada senyam senyum sendiri. Benarkan? Disini saya tidak perlu panjang lebar. Langsung pada intinya, yaitu where dan when. atau masih ada yang belum tahu bagaimana membuat kalimat tanya? Allright babe, lihat pola berikut 

WHere/WHen + be /do/modals + S....

Where do you live?
Where does she live
When will they come?
When will the mail send?

Sebenarnya saya akan membuat topik khusus yang membahas tentang hal ini. Makanya saya tidak akan membahasanya dengan panjang lebar. So nantikan aja penjelasan unik dari saya mengenai WH question. Untuk itu pastikan berlangganan artikel saya jika memang kalian suka. Biar bisa jadi orang yang pertama tahu updaten dari situs blog ini. Okey, sepertinya hanya itu yang bisa saya paparkan soal penggunaan Where dan When. Jika ada yang kurang ataupun keliru dalam artikel ini jangan sungkan untuk berkomentar, saya juga masih dalam tahap belajar. Jadi mohon di maklumi dan diperbaiki. Enjoy Learning.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison