Mengenal Structure Bahasa Inggris

mengenal Structure Bahasa Inggris
Structure Bahasa Inggris

Apa itu struktur (structure) dalam bahasa?
Apa fungsi stucture dalam bahasa Inggris?

Structure (struktur) merupakan kumpulan beberapa konstituent kata yang membentuk sebuah kalimat. Dengan mempelajari structure bahasa Inggris, kita dapat membedakan mana kalimat yang memiliki susunan konstituen  kata yang benar dan mana kalimat yang keliru.
 
Konstituent itu apa ya?

Konstituent merupakan kesatuan kata yang memiliki penanda khusus pada tiap-tiap golongan kata. misalnya Subject (subyek) ditandai dengan S, Object (obyek) ditandai dengan O, Noun (kata benda) ditandai dengan N, Verb (kata kerja) ditandai dengan V, Adjective (kata sifat) ditandai dengan Adj, Adverb (kata keterangan) ditandai dengan Adv, Tobe (kata kerja bantu am, is, are, was, were) Be, dan lain-lain.  Berikut contoh susunan structure dalam Bahasa Inggris:

S + V + O
S + V + es/s + O
S + Be + V + Ing + O

Contoh diatas merupakan susunan (stucture kalimat) konstituen kata sebagaimana yang telah dipaparkan sebelumnya. Namun pada dasarnya, tujuan structure tidak hanya sekedar untuk memberikan konstituent terhadap kata saja, Tetapi juga untuk membedakan dan mengetahui pembentukan susunan kalimat. Perhatikan contoh kalimat berikut ini:

(1) I the market going to am go (saya pasar akan pergi ke)

(2) I am going to the market (saya akan pergi ke pasar)
Jelas terlihat dari kedua kalimat tersebut memiliki bentuk susunan konstituent kata yang sama, dimana structurenya dapat diilustrasikan sebagai berikut:

(1) S + O + V+ Ing + p + Be + V 
(2) S + Be + V + ing + V + O

perlu diketahui bahwa antara kalimat (1) dan (2) memiliki perbedaan yang jelas, Pada kalimat (1) jelaslah bahwa kalimat tersebut memiliki konstituent kata yang keliru. Sedangkan pada kalimat (2) memiliki struktur kata yang tepat, sehingga mudah untuk dipahami maksud dan tujuan dari kalimat tersebut. Inilah kedudukan structure dalam sebuah bahasa, structure menempati tempat yang paling penting. Dengan structure yang tepat, orang lain akan mudah mengetahui makna pada sebuah kalimat yang kita sebutkan atau tuliskan.
Bahasa inggris memiliki struktural bahasa yang jelas yang dapat dimulai dengan bentuk-bentuk susunan kata yang paling mudah dan stiap kata memiliki konstituentnya masing-masing. Misalnya struktur penggunaan penekanan waktu (Tenses) dan aturan-aturan pokok lainnya yang harus diterapkan untuk membentuk kalimat yang tepat. Misalnya:

(1) I go to the market everyday (saya pergi ke pasar setiap hari)

(2) She goes to the market everyday (dia/perempuan pergi kepasar setiap hari)

(3) He went to buy a gadget yesterday (dia/laki-laki pergi membeli sebuah gadget kemarin)

(4) He is sending an email to his friend now. (dia/laki-laki sedang mengirinkan sebuah surat  elektronik kepada temannya sekarang)

Perhatikan pada kalimat-kalimat diatas, masing-masing dari kalimat diatas memiliki ciri khas tersendiri berdasarkan strukturnya. Apa yang menarik pada masing-masing kalimat tersebut? Cobalah perhatikan illustrasi berikut ini:

Pada kalimat (1) terlihat “I go “ dan pada kalimat (2) terlihat “she goes”. Antara kalimat (1) dan (2) memiliki kata kerja yang sama yang memiliki bentuk dasar kata kerja (Verb) “go (pergi)”, namun dalam hal ini bentuk dari kalimat (1) dan (2) terlihat berbeda. 

Lalu apa yang telah membuat kata kerja tersebut mengalami perubahan bentuk? 

Bentuk kata kerja tersebut dipengaruhi oleh kedudukan Subject yang sedang dijelaskan dalam kalimat tersebut. Dalam structure hal ini dapat dijelaskan berdasarkan aturan tertentu yang terdapat dalam kaidah bahasa Inggris. Ketika unsur subjective dari kalimat berasal dari orang pertama tunggal maka structure yang harus diterapkan adalah  “S + V”. Dan apabila subject kalimat berasal dari kalimat orang ketiga Tunggal seperti He, She, It maka sturcture yang harus diterapkan adalah “S + V+ Es/s” . Inilah yang disebut structure berdasarkan kaidah yang harus diterapkan dalam bahasa Inggris.

sedangkan pada kalimat (3) dan (4) menerangkan penekanan waktu yang digunakan dalam kalimat, dimana Subject diketahui melakukan sebuah kegiatan pada waktu tertentu. pada kalimat (3) dan (4) hal yang perlu digaris bawahi adalah penempatan Verb (kata kerja) dan Adverb (kata keterangan). pada kalimat (3) memilki konstituent "S + V2".  dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dilakukan pada masa lampau, hal ini juga dapat ditandai dengan adanya penempatan Adverb (kata keterangan) yang menyertainya "yesterday". begitupun dengan kalimat (4) yang memiliki konstituent  " S + Be + V + Ing " yang kemudian diikuti dengan Adverb (kata keterangan) " Now". maka kalimat ini dapat dimaknai bahwa subject sedang melakukan kegiatan pada saat ini. Inilah yang disebut dengan structure yang digunakan untuk penekanan waktu. Dan masih banyak lagi hal-hal penting yang terkait dengan pembelajaran structure ini.

Sebagai kesimpulan, structure berfungsi untuk mengatur konstituent kata dengan tepat dalam sebuah kalimat. Tujuannya agar dapat membuat atau membedakan antara kalimat yang benar dan keliru. Pembahasan ini cukup luas, untuk memahami ilmunya setidaknya kalian membtuhkan beberapa buku pedoman atau pembimbing yang cukup keilmuwannya. Pembelajaran melalui media internet hanyalah bagian kecil dari banyaknya upaya belajar yang bisa dilakukan.  Semoga artikel ini bermanfaat.enjoy learning!

Comments

  1. keren, saya sampai paham banget:}

    ReplyDelete
  2. terimakasih untuk penjelasannya, sangat mudah dipahami, terkait referensi buku utk kelanjutan
    pembelajaran structure b.inggris ini bang arham ada rekomendasi bukukah? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada beberapa buku lama yang bisa dijadikan dasar untuk mempelajari struktur bahasa Inggris. seperti Basic English Grammer by Betty Schrampfer dan A Comprehensive Grammar of the English Language by Randolph Quirk. sewaktu kuliah saya banyak mengambil referensi dari buku-buku ini meskipun terbilang jadul. hal yang paling menyenangkan saat mempelajarinya adalah buku tersebut tidak menggunakan penjelasan yang berbelit-belit. oh iya, keduanya ini terbilang punya plus minus jadi bisa saling melengkapi antara keduanya. Basic English Grammer by Betty Schrampfer bisa dibilang buku tata bahasa yang sangat simple dimana ini berisi aturan dan bagaimana cara menerapkannya. sementara A Comprehensive Grammar of the English Language by Randolph Quirk aturan tersebut dijelaskan secara detail namun menggunakan bahasa yang simple dan mudah dipahami. oh ya, kedua buku yang saya sebutkan sudah mendapatkan cetakan translasi ke Bahasa Indonesia jadi akan mempermudah lagi... mungkin demikian info yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar