Positive and Negative degree of comparison


degree of comparison
Halo sobat learners sekalian, lagi sibuk buat tugas ya? walaupun ga pada sibuk, itu hape kalian jangan di diemin aja. Kalau dipakepun harus berguna, apalagi menghabiskan kuota ditempat yang ga semestinya. Bagi kalian yang pelajar, khususnya mahasiwa bahasa Inggris. Jangan hanya bermalas-malasan, sembari tiduran sambil bawa hape buat baca-baca di situs blog ini kan enak. Bisa belajar dan menambah sedikit referensi keilmuan kalian. Okey! Sekarang waktunya buat topik positive and negative degree of comparison. Sudah pada dapatkan materinya? 

Pastinya kalian pernah membadingkan sesuatu hal entah itu benda atau orang. Tentu saja sesuatu hal itu dibandingkan karena memiliki tingkat perbandingannya. Ya iyalahkan, masa engga sih. Baik itu berupa kualitas suatu benda atau orang. Sehingga kalian bisa memberikan nilai atau penilaian tertentu yang mungkin hasilnya sama atau mungkin berbeda. Dalam tata bahasa Inggris hal ini dikenal dengan “Positive Degree of Comparison (tingkat perbandingan)”. Misalnya soal barang, umur, kecantikan, ketampanan, atau hal-hal yang bersangkutan dengan nilai quantitas atau kualitas. Untuk bisa menggunakan atau mengungkapkan tingkat perbandingan dalam bahasa Inggris pastinya perlu pengetahuan tentang pola dan aturan pembentukan kalimat tersebut. Biar ga asal-asalan, asal jadi aja asal tulis aja. Ujung-ujungnya membikin orang lain yang paham kebingungan. "Ngomong apa sih?" Nah berikut ini kita akan mempelajari tentang pembentukan pola kalimatnya secara selow dan santai. Kalian seharusnya lebih rileks, "santai aja kenapa sih".

Positive and Negative Degree of Comparison 

Tingkat positive degree of comparison merupakan tingkat perbandingan dalam tata bahasa Inggris yang berfungsi untuk membandingan kedua orang atau benda yang sama. Pola kalimat ini dapat dibentuk dengan:


As + Adjective + As
Not So + Adjective + As

Ini dia Contohnya: 
 
( + ) Arham is as smart as Winda (Arham secerdas Winda) 
 
( - ) Arham is not so smart as Winda (Arham tidak secerdas Winda) 
 
( + ) Your mobile phone is as expensive as his (ponsel milikmu semahal dengan miliknya) 
 
( - ) Your mobile phone is not so expensive as his (phonsel (hp) milikmu tidak semahal dengan miliknya) 

Jadi jelas pola diatas hanya digunakan untuk menyebutkan perbandingan atau persamaan suatu benda atau orang dalam segi nilai. Tanda (+) itu maksudnya jenis kalimat affirmatif yang artinya serupa, sama, sederajat atau memiliki tingkat persamaan. jangan mikirin yang macam-macam ya. Sedangkan untuk (-) itu maksudnya jenis kalimat negatif atau tidak sama atau ketidak samaan. Pahamkan? Gitu dong. 

Kalian juga bisa menggunakan pola seperti ini

Like and Alike
Not Like and Not Alike

Contoh:
( + )This book is like mine (buku ini seperti punyaku) 
 
( - ) This book is not like mine (buku ini tidak seperti punyaku) 
 
( + ) Your car and my car are alike (mobilmu dan mobilku sama) 
 
( - ) Your car and my car are not alike (mobilmu dan mobilku tidak sama) 
 
Point yang ini agak sedikit beda dimana pola seperti diatas hanya meniti beratkan pada bentuk dari sesuatu baik benda maupun orang. Yang saya maksudkan disini adalah jika menyangkut orang maka kebanyakan bersingungan pada anggota tubuh tertentu saja. Misalnya "hidung kita kelihtannya mirip".

Bisa juga  menggunakan pola yang ini

The Same as…
Not The same as…

Contoh: 
 
( + )This computer is the same as mine (komputer ini sama dengan punyaku)   

( - ) This computer is not the same as mine (komputer ini tidak sama dengan punyaku) 
 
( + ) My phone and that phone are the same brand (ponselku dan phonsel itu bermerek sama) 
 
( - ) My phone and that phone are not the same brand (ponselku dan phonsel itu bermerek sama)

Untuk pola diatas  umumnya digunakan untuk menyebutkan perbandingan suatu label suatu benda. Misalnya merek, vendor, dan sebagainya. Meskipun nama label tidak disebutkan jelas didalam kalimat.

Selanjutnya lihat lagi pola berikut

Similiar to…
Not similiar to..

Contoh: 
 
( + ) My opinion is similiar to yours (pendapatku sama seperti pendapatmu) 
 
( - ) My opinion is not similiar to yours (pendapatku tidak sama seperti pendapatmu) 
 
( + ) my calculation and you are similiar (perhitunganku dan perhitunganmu sama) 
 
( - ) my calculation and you are not similiar (perhitunganku dan perhitunganmu tidak sama)

Pola diatas jelas sekali digunakan untuk menyatakan tingkat perbandingan sikap atau suatu hasil. 

Coba lagi Pola berikut ini yang agak gimana gitu..


Different from
Not different from

Contoh:

( + ) Makassar is different from Tolitoli (Makassar berbeda dengan Tolitoli) 
 
( - ) Makassar is not different from Tolitoli (Makassar tidak berbeda dengan Tolitoli) 
 
( + ) This car is different from his car (mobil ini berbeda dengan mobilnya) 
 
( - ) This car is not different from his car (mobil ini tidak berbeda dengan mobilnya) 

hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan positive dan negative degree of comparison yang menggunakan pola Different from adalah makna dari kalimat tersebut. ketika kalimat dinyatakan dalam bentuk kalimat affirmatif (+) maka akan bermakna Negative (tdak sama atau tidak serupa) sedangkan untuk kalimat yang dinyatakan dalam bentuk Negative (-) maka akan bermakna Postive (sama atau serupa)”

Positive dan Negative Degree of Comparison merupakan tingkat perbandingan yang mudah untuk dipahami karena belum menggunakan tingkat perbandingan yang lebih spesifik seperti Comparative and Superlative degree of Comparison. Untuk menguasai dan menggunakan kedua perbandingan tersebut dibutuh pengetahuan khusus untuk menghafalkan dan memahami tingkat perbandingan kata-kata yang tergolong sebagai konstituen Adjective. Okey! Saya rasa demikian dulu untuk sekedar coretan hari ini. Merasa artikel ini bermanfaat maka jangan sungkan untuk membagikannya ke sosmed kalian. Membagikan tulisan ini berarti kalian sudah berempati besar terhadap kemajuan penulis blog gratisan seperti saya, dan itu saya anggap cukup membantu. Jangan lupa meninggalkan jejak diform komentar dibawah biar saya tahu kalau pengunjung disitus blog ini adalah manusia. Thanks for your coming.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar