Present perfect tense

Present Perfect
Present Perfect tense

Present perfect meruapakan penekanan waktu yang digunakan untuk menyatakan kegiatan yang dilakukan pada masa lampau tetapi masih ada kaitannya dengan masa sekarang. Tense ini cenderung merujuk kepada effect sebuah tindakan atau reaksi yang ditimbukan oleh kegiatan atau tindakan tersebut. Perfect Tense memiliki bentuk yang kompleks karena menyinggung kedua hal yaitu proses kegiatan dan dampak dari kegiatan yang dilakukan oleh subject secara langsung. untuk itulah alasannya kenapa Tense ini dikatakan bentuk lampau yang sempurna. pada baris selanjutnya kalian akan menemukan letak perbedaan antara bentuk lampau Past Tense dan Perfect ini. present perfect menggunakan pola berikut:

Have/has + past participle. 

Berikut beberapa contoh kalimat dalam bentuk present perfect:

- I had taken the book from him (saya telah mengambil buku itu darinya)

- The lantern had placed on the table (lantera tersebut telah di letakkan diatas meja)

He had already finished his homework in a short time (dia telah menyelesaikan tugasnya/pekerjaan rumahnya dalam waktu singkat)

- The group had established for many years (group ini telah didirikan selama bertahun-tahun)

- You had registered as the members of the group (kau telah terdaftar dalam keanggotaan kelompok ini)

Penggunaan bentuk present perfect tense pada dasarnya digunakan untuk menerangkan suatu kegiatan atau peristiwa yang telah dilakukan pada masa lampau dan sampai saat ini masih berlaku. Hal inilah yang membedakan antara present perfect tense dan simple past. Untuk mengetahui lebih lanjut perbedaan tersebut, perhatikan bentuk kalimat present perfect berikut ini:

(1) I have made the logo for the company (saya yang telah membuat logo perusahaan tersebut)

(2) She has interviewed the stuents to gather the data (dia telah mewawancarai siswa-siswa tersebut untuk mengumpulkan data)

(3) The game has made to help the studdents in mastering the vocabulary (game tersebut telah dibuat untuk membantu para siswa menguasai kosakata tersebut).

(4) the boxes moved to the corner of the building (kotak-kotak tersebut dipindahkan ke sudut bangun itu)

Perhatikan ketiga contoh kalimat diatas, kalimat (1) bermakna bahwa subyek telah membuat sebuah logo perusahaan dan sampai saat ini logo tersebut masih digunakan oleh perusahaan tersebut. Pada kalimat (2) bermakna subject telah melakukan kegiatan wawancara terhadap sisiwa-siswa yang berada disekolah tertentu dengan tujuan untuk mengumpulkan data yang mungkin akan digunakan untuk keperluan penelitian, peneliti pada masa lampau telah berhasil mengumpulkan data, dan data tersebut masih ada sampai saat ini. Kalimat (3) bermakna bahwa permainan tersebut telah dibuat secara khusus untuk membantu proses belajar siswa dalam memahami kosakata yang dimaksudkan, sampai saat ini game tersebut masih diterapkan dalam proses belajar mengajar. pada klimat (4) jelas merupakan bentuk lampau (Past Tense) tidak ada hal yang khusus dijelaskan oleh subject selain dari box yang dipindahkan. kemungkinan saat ini box tersebut telah berpindah tempat.


Structure:

Bentuk present perfect tense juga memiliki pola yang mengikuti unsur subjectivenya, hal ini dapat di lihat pada struktur berikut ini:

Subject
Have/has
Past Participle
I, You, We, They
Have
Taken
Make
Goten
He, She, It , The car, Arham, and etc…..
Has
Taken
Make
Goten

Present paerfect dapat dibentuk kedalam pola kalimat penyangkalan atau kalimat Negative, perhatikan pola kalimat berikut ini beserta contoh kalimatnya:

Subject +have/has + Not+ Past participle…….

untuk lebih jelasnya perhatikanlah tabel berikut ini:

Subject
 Have/Has
Not
Pas participle
I, You, We, They
Have
Not Taken
 Make
Goten
He, She, It , The car, Arham, and etc…..
Has
Not Taken
 Make
Goten

I have not made the logo for the company (saya belum membuat logo perusahaan tersebut)

I have already not finished yet (saya sama sekali belum selesai)

Present perfect juga dapat dibentuk kedalam kalimat tanya Yes/No question, perhatikan pola kalimat berikut ini:

Have/has + Subject + past participle......?

- Have you already finished yet? (apakah kamu benar-benar telah selesai?)

- Has it placed on the table well ( itu/benda tersebut telah diletakkan diatas meja dengan benar?)

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar