past perfect Tense

past perfect tense
past perfect tense

Past perfect merupakan penekanan waktu dalam bahasa Inggris yang menyatakan adanya kegiatan atau peristiwa yang pernah terjadi dimasa lampau kemudian direfleksikan (diceritakan kembali) pada saat ini, Namun kegiatan atau peristiwa tersebut tidak ada hubungannya pada saat penutur menceritakan kembali kejadian tersebut. bentuk past perfect ini menggunakan pola

 Had + past participle. 

Berikut beberapa contoh kalimat past perfect tense:

It was 01:15 o’clock, the shop had just closed (pada waktu itu tepat pukul 01.15, toko tersebut baru saja tutup)

- I went to your home yesterday, but had left there (kemarin saya pergi kerumahmu, tetapi kau sudah tidak berada disana)

- On 17 August 1945, Indonesia had become independent (pada tahun tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia telah menjadi negara yang merdeka)

Penggunaan past perfect hanya digunakan untuk mengungkapkan peristiwa yang terjadi dimasa lampau sebelum sebuah peristiwa lainnya terjadi. Pada banyak buku-buku grammer penjelasannya kadang membingungkan.

(1) You phoned me at six, I had been to the mosque (kau memanggilku pada pukul enam sore, saya telah menuju masjid)

(2) He had gone to the party last night before he lost his wallet (dia telah pergi ke pesta tersebut sebelum dia kehilangan dompetnya)

(3) I went to your home to borrow the book yesterday, unfortunately you had gone to campus (kemarin saya kerumahmu ingin meminjam bukumu, sayangnya kau telah pergi kekampus).

Pada ketiga contoh kalimat diatas menjelaskan adanya kegiatan yang telah dilakukan sebelum kegiatan yang lain terjadi, dan kedua kegiatan atau peristiwa tersebut terjadi dalam waktu lampau yang kemudian kegiatan atau peristiwa tersebut di ceritakan kembali pada saat ini (reflection). Hal ini dapat dilihat pada contoh (1) dimana salah satu subject melakukan panggilan melalui phonsel namun subject yang lainnya telah melakukan kegiatan lain, sehingga panggilan tersebut tidak dapat dilakukan. Pada kalimat (2) bermakna bahwa subject telah pergi untuk menghadiri sebuah pesta namun pada saat itu peristiwa lain menimpanya pula, dia kehilangan dompetnya dan ada kemungkinan dompetnya telah tercecer ditempat tersebut. pada kalimat (3) bermakna bahwa salah satu subject telah meninggalkan tempatnya dan menuju kerumah temannya untuk meminjam sebuah buku, namun temannya telah lebih dahulu meninggalkan rumahnya menuju kampus.


Structure: 

Past perfect memiliki struktur yang berbeda dengan present perfect, dalam hal ini pola yang digunakan berlaku untuk semua unsur subjective yang ada, berikut pola pembentukan kalimat tensis ini:

Subject + Had + past participle..

Untuk mempermudah kita dalam memahami past perfect, bentuk dari pembentukan kalimat tersebut akan dijabarkan dalam tabel berikut ini:

Subject
Had
Past participle
I , You, We, They, He, She, It, my friend, Arham, and etc...
had
Gone
Worked
Shopped
Bought
left

Perlu diketahui pula bahwa antara past perfect dengan Present Perfect memiliki kesamaan yang meniti beratkan pada efek dari sebuah kegiatan dan bukan pada kegiatannya. Namun antara past perfect dan present perfect memiliki beberapa perbedaan, antara lain:
Past perfect strukturnya tidak dipengaruhi oleh unsur subjective yang ada dalam hal ini pola yang digunakan bersifat umum (general) “Had + past participle” untuk setiap unsur subjective, Sedangkan present perfect polanya terpengaruh
Present perfect merupakan kegiatan yang melibatkan langsung para subject didalamnya sedangkan past perfect para subject tidak lagi terlibat secara lanngsung karena kejadian tersebut hanyalah sebuah refleksi dari kegiatan yang pernah terjadi dimasa lampau, untuk lebih jelasnya perhatikan dengan saksama kedua contoh kalimat berikut:
- My wallet is not/isn’t here, I have left it at home (dompetku tidak ada disni, saya telah meningglkannya dirumah) 

- My wallet wasn’t there, I had left it at home (dompetku tidak ada disana, saya telah meninggalkannya dirumah)

Past perfect juga dapat dibentuk kedalam kalimat negative (menyangkal) dan bentutanya kalimat tanya Yes/No question, perhatikan pola pembentukanya:

S + Had + Not + past participle ...

Lihatlah tabel berikut ini:

Subject Had Not Past participle
I , You, We, They, He, She, It, my friend, Arham, and etc... had not Gone
Worked
Shopped
Bought
left

Bentuk kalimat tanya Yes/No question

Had + S + past participle....?

- Had you gone to the party,when you lost your wallet?

- Had he left his house before I went to your house?

Response: 

Yes, I had gone.. or No, I had not gone..

Yes, He had left... or No, he had not left...

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar