Penggunaan reflexive pronoun


penggunaan reflexive pronoun
penggunaan reflexive pronoun

Hallo sobat abc, sudah pada tahu membuat kalimat sederhana dalam bahasa Inggris kan? Soalnya artikel kali ini erat sekali kaitannya dengan topik pembahasan reflexive pronoun. Tidak hanya sekedar membahas seperti materi determiner atau gender pada kata benda, tapi juga kalian diharapkan mampu menggunakan reflexive pronoun dalam penulisan maupun tulisan. Selain itu juga, kalian bisa mendapatkan penjelasan umum mengenai reflexive pronoun ini agar semakin mantap menerapkannya.  Jadi baca dan simaklah dengan teliti tulisan berikut ini. Jika perlu lengkapi dengan catatan dan berlatihlah dengan kalimat buatanmu sendiri.

Reflexive Pronoun

Reflexive Pronoun adalah kata ganti reflexi terhadap suatu tindakan yang dilakukan oleh subject sendiri. Sederhananya ketika subject melakukan suatu tindakan maka efek dari perlakuannya akan mengenai dirinya sendiri. Misalnya 

I saw myself on the mirror (saya meilhat diri saya sendiri dicermin)

Bentuk reflexive pronoun

Kata ganti reflexive menggunakan bentuk -self pada kata ganti orang (pronoun) tunggal dan -selves untuk bentuk jamak. Perhatikan bentuk perubahan posessive pronoun berikut

My - myself
Our - ourselves
Them - themselves
Him - himselves
Her - herself
It - itself 

Reflexive Pronoun sebagai object

Kata ganti reflexive dapat berperan sebagai object dalam sebuah kalimat.  


She is speaking by herself (dia sedang berbicara  dengan dirinya sendiri)

We worked for ourselves (kami bekerja untuk diri kami sendiri)

You should laugh yourself (kau seharusnya menertawakan diri kamu sendiri)

Tidak sulit untuk membentuk kalimat sederhana dengan reflexive pronoun sebagai objek.

Reflexive Pronoun sebagai Penegas

Kata ganti reflexive bisa juga digunakan untuk mempertegas subject. Memperkuat penegasan subject terhadap sesuatu hal yang dilakukan. Perhatikan contoh berikut:

I, myself do the job alone (saya, diri saya sendiri mengerjakan pekerjaan tersebut sendirian)

He, himself actracted something danger (dia, dirinya sendiri mempertunjukan sesuatu yang berbahaya)

Unfortunally, you yourself left this place soon (sayang sekali, kamu dirimu sendiri yang akan segra meninggalkan tempat ini).

Seperti yang telah saya kemukakan sebelumnya bahwa topik ini bukanlah apa-apa jika dibandingkan dengan pembahasan sepeti Noun atau adjective clause. Tapi, saya sangat senang dengan topik yang membuat saya sibuk mengerjakan sesuatu pada catatan saya. Atau bisa menyebutkan kalimat sebagai bahan praktek. Reflexive Pronouns ini digunakan dalam conversation atau percakapan sehari-hari. Saya sangat menganjurkan materi ini bisa diserap dan dipakai atau diperktekkan.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar