Mengenal bentuk gender bahasa Inggris


jenis kelamin kata benda
bentuk gender bahasa Inggris

Hallo sobat abc, semoga kalian masih dalam keadaan sehat walafiat hingga saat ini. Pencernaan kalian lancar dan otak kalian masih bisa difungsikan dengan baik. Baiklah sobat abc sekalian, topik artikel kali ini akan membahas tentang Gender. Topik ini masih erat kaitannya dengan kata benda (Noun). Jadi bisa dijamin kalau pembahasan ini tidak akan terasa berat dan membebani. Cukup dibaca dan disimak dengan baik biar tidak gagal paham. 

Apa itu gender? 

Gender merupakan jenis kelamin kata benda. Dalam gramatikal bahasa Inggris persoalan jenis kelamin benda tidaklah begitu penting. Sayangnya tetap saja menjadi sesuatu hal yang kontroversial jika di bandingkan dengan gramatikal bahasa arab misalnya atau bahasa lainnya. Tentu saja akan menjadi pertanyaan besar "bagaimana para penutur bahasa inggris membedakan antara kata benda laki-laki dan perempuan? 

Banyak buku-buku grammar yang dibuat oleh pelajar kita tidak memuat tentang hal ini. Tapi bukan berarti gramatikal bahasa Inggris tidak memiliki perbedaan bentuk kelamin . Para pakar bahasa tentu saja telah memuatnya dalam banyak catatan atau pada buku-buku yang mereka terbitkan. Berikut ini sedikit panduan tentang jenis-jenis gender dalam gramatikal bahasa Inggris


GENDER EXAMPLE NOUN PRONOUNS
Masculine Arham, Ahmad, a boy, the man he, him, his
Feminine Anna, Siti, a girl, the woman she, her, hers
Personal a blogger, a journalis, a teacher who, someone
Neuter a pen, the fish, the moon it, what, which

Berdasarkan tabel diatas bentuk jenis kalamin kata benda (Noun) terbagi menjadi 4 

Masculine gender

Masculine merupakan penamaan atau istilah yang ditetapkan pada kata benda (Noun) atau kata ganti benda (Pronoun) yang berjenis kelamin laki-laki. Bentuk kata bisa berasal dari kata benda yang berbeda misalnya man, son, father, dan seterusnya. Ada juga yang berasal dari penambahan suffix -er/or atau -ess misalnya actor, waiter, tiger, master dan seterusnya. Selain itu ada iuga yang berasal dari modifikasi kata seperti famale, male nurse, male officer dan seterusnya. Atau dengan menambahkan kata -man  misalnya policeman, cahirman, Englishman dan masih banyak lagi contoh yang lain.

Feminine gender

Feminine merupakan kata penamaan atau istilah yang ditetapkan pada kata benda atau  kata ganti benda yang berjenis kelamin betina tidak jauh berbeda dari mana jenis kata ini terbentuk seperti pada masculine. Contoh woman, girl, daugter, aunt, actress, waitress, tigress, policewomen dan seterusnya.

Personal gender

Personal gender merupakan penamaan atau istilah yang ditetapkan pada jenis kata benda   atau pengganti kata benda dengan merujuk pada manusia. Untuk jenis gender yang satu ini tidak mementingkan perbedaan jenis kelamin. Personal gender umumnya berhubungan dengan nama-nama profesi misalnya doctor,  blogger, teacher,  manager, boss, dan lain sebagainya.

Neuter Gender

Neuter gender merupakan panamaan jenis kata benda atau pengganti kata benda yang merujuk pada inanimates (kata benda umum yang tak bernyawa) juga termasuk benda abstrak. Neuter tidak memperdulikan jenis kelamin misalnya table, milk, sand, house dan sebagainya.

Dalam hal ini saya hanya memberikan gambaran semata mengenai jenis kelamin dari kata benda. Ada banyak sekali contoh dari jenis gender kata benda yang tidak mungkin dapat saya jabarkan secara keseluruhan. Namun saya berharap tulisan ini dapat membantu kalian dalam mengindentifikasi jenis kelamin benda dalam gramatikal bahasa Inggris. Enjoy learning!

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar