Arti dari ungkapan Actions speak louder than the words

idiom Actions speak louder than words
Actions speak louder than words

Hallo sobat Abc, bosan juga rasanya terus-terusan membahas tentang gramatikal. Untuk itu saya akan mencoba lagi membahas tentang ungkapan dalam bahasa Inggris atau yang disebut dengan idiom. apa itu idiom? Idiom merupakan sekumpulan kata yang membentuk makna khusus. Biasanya mengungkapkan makna yang berbeda dari bentuk katanya atau kalimatnya. Bisa dibilang idiom itu sekumpulan kata yang mengandung makna tersirat. Untuk lebih jelasnya mengenai Idiom silahkan baca kembali artikel saya sebelumnya, mengenal idiom bahasa Inggris.

Apa yang akan kita pelajari pada topik artikel kali ini?

Kali ini kita akan mempelajari arti dari sebuah ungkapan bahasa Inggris yang sudah tak asing lagi (bagi saya pribadi), bahkan ungkapan ini saya anggap sangat familiar di Negara kita. Pernah dengar ungakapan berikut ini:

"Actions speak louder than words"(berbicaralah lebih keras dari pada bahasa)

Ungkapan ini bermakna:


"What you do is more important than what you say and the people will judge you by the things you do" 

jika diartikan kedalam bahasa Indonesia kurang lebih sepeti ini " perlakuan itu lebih penting dibandingkan perkataan, orang-orang hanya akan menilaimu dari segala hal yang kau kerjakan (perbuat) bukan dari perkataanmu semata". Cukup keren kan maknanya sobat? Ungkapan ini umunya digunakan oleh atasan atau seseorang yang kedudukannya lebih tinggi untuk memacu kinerja karyawan, murid, para junior agar bisa bekerja lebih giat melebihi standar yang ditentukan. Atau sederhanya bisa bekerja, berbuat, belajar, berhasil melebihi dari apa yang telah ditargetkan. Perhatikan contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris berikut

Action speak louder than words, so we need to make sure that we give our costumers what we have promissed them. (Bekerjalah lebih keras lagi, kita hanya perlu meyakinkan pelanggan bahwa kita mampu berbuat melebihi apa yang telah kita janjikan kepada mereka)

Kata "Actions" didalam ungkapan ini bisa berubah makna sesuai dengan topiknya. Jika membahas soal hasil belajar maka makna yang mungkin adalah "belajarlah" melebihi dari bahasanya (kata belajar itu sendiri), dan seterusnya. Silahkan gunakan idiom ini untuk berbagai keperluan. Ingat! Ungkapan ini hanya bisa di pakai jika kalian adalah orang yang kedudukannya lebih tinggi dibandingkan yang lain. Misalnya saja kalian adalah pelajar yang terbaik diantara semuanya atau menejer atau apalah. Enjoy learning!

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar