Apa itu Idiom?


Idiom
idiom

apa itu idiom?
bagaimana mereka digunakan ?
dan apa pengaruhnya dalam bahasa?

Mungkin sobat-sobat pelajar sekalian pernah mendengar istilah atau ungkapan berikut

- All hell broke lose, atau
- don't put the eggs in one basket

Kedua contoh kalimat diatas merupakan idiom yang agak ketinggalan tapi masih banyak diaplikasikan dalam percakapan sehari-hari. Ada yang tahu kedua makna kalimat diatas?

Idiom dalam bahasa Inggris berarti kelompok kata yang menyiratkan makna khusus, biasanya kelompok kata tersebut memiliki makna yang berbeda dari arti dari kata-kata yang terhimpun. idiom berfungsi sebagai gaya bahasa, hal ini dapat memunculkan corak warna dalam bahasa sehingga menjadikannya lebih menarik untuk diekspresikan. penggunaan idiom mempunyai bentuk yang luas dan variatif berdasarkan situasi-situasi dan kondisi yang terjadi. Idiom digunakan oleh native- speraker (penutur asli) mulai dari lingkungan pertemanan, lingkungan rekan bisnis, masyarakat, serta konteks penulisan formal dan informal.

Pembentukan idioms


Idiom kebanyakan terbentuk dari sebuah kata yang diambil dari konstituen kata benda (N) sebagai kata utama yang kemudian diikuti oleh beberapa konstituen kata lainnya yang membentuk sebuah frase kata, biasanya menggambarkan atau menghubungkan sesuatu hal mengenai kata inti yang dimaksud. misalnya pada kata Acid (cairan yang terbentuk dari senyawa asam). kata Acid pada dasarnya memiliki arti secara literatur atau makna kamus kata “ acid” berhubungan dengan material-material yang ada di alam semesta atau berhubungan dengan pengujian bahan kimia. namun, gaya bahasa terbukti dapat mempengaruhi arti kata secara utuh sehingga menyebabkan arti kata tersebut melenceng jauh dari arti yang sebenarnya dan menciptakan makna baru. hal ini dapat dibuktikan jika kata “Acid” tersebut dipadukan dengan kata lainnya misalnya  “The acid test”  dalam ungkapan gaya bahasa (Idiom) frase tersebut menyiratkan makna yang menunjukkan lancar tidaknya suatu rencana atau membuktikan benar tidaknya sesuatu hal yang dilakukan. perhatikan bagaimana idiom bekerja dalam penggunaan bahasa secara kontekstual,
question about drug use were of one time, the acid test for political candidates. now, nobody cares what they have done in their past lives.
Makna kalimat diatas kurang lebih seperti ini:

pertanyaan tentang penggunaan obat-obatan terlarang perlu untuk dilakukan suatu waktu bagi para kandidat-kandidat politik. saat ini tidak seorang pun yang mengetahui apa yang telah mereka lakukan pada kehidupan mereka dimasa lalu

pada kalimat diatas  dapat dilihat bahwa tidak terdapat sedikit pun arti mengenai material-material atau zat asam, meskipun secara kontekstual kalimat tersebut sangat erat kaitannya. inilah gambaran kecil bagaimana suatu idiom bekerja pada bahasa dan bagaimana pengaruhnya.

Perlu dikethaui bahwa idiom memiliki pembahasan khusus yang cakupannya sangat luas dalam ilmu bahasa. Tidak hanya bahasa Inggris, mungkin semua bahasa manusia di dunia ini memiliki idiomsnya masing-masing. Dalam bahasa Indonesia idiom ini bisa dikatakan seperti ungakapan atau pepatah yang sangat terkenal di negara kita

" Tak ada tanduk yang tak retak"
" Tong kosong nyaring bunyinya"
" Bagaikan kacang lupa kulitnya"

Frasa kata diatas jelas mengandung makna yang tersirat. Biasanya makna dari kata-kata yang tersusun akan berbeda jauh dari susunan kata yang dipaparkan.

Idiom sejatinya sama dengan ungkapan atau pepatah yang kita kenal. Tidak ada yang tahu apa makna dari frasa tersebut kecuali dengan mempelajari langsung dari sumbernya. Dari mana ungkapan-ungakapan tersebut datang. Idiom dalam bahasa Inggris bukan tidak mungkin untuk dipelajari. Hanya saja butuh usaha lebih untuk menguasainya. Kalian bisa mencobanya dengan membeli sebuah kamus idiom. Pastikan juga bahwa idiom yang terdaftar didalamnya adalah yang terbaru. Karena idioms ini bisa dibilang memiliki masa expire atau kadaluarsa. Atau kamu bisa keluar negeri dan belajar berbagai macam ungkapan di mana idioms ini berasal. Cara lain yang lebih menghemat diantara keduanya yaitu belajar melalui youtub channel. Disana kalian bisa menemukan banyak idiom dengam mudah hanya dengan bermodalkan kuota internet.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar