Kuantitas Tunggal ONE, EACH dan EVERY

singular one each and every
singular one each and every

Hallo sobat abc! Belajar lagi yuk. Artikel kali ini membahas tentang penggunaan one, each dan every. meskipun hanya berbentuk single word (kata tunggal) tapi ketiga kata diatas punya pembahasan yang complex pada masing-masingnya. Untuk itu pembahasan ini akan terbatas pada penggunaan one, each dan every sebagai kuantitas tunggal. So dijamin materi kali ini ga akan bikin otak kalian meledak. Apa saja yang akan kita pelajari kali ini?

One, Each dan Every + Singular Countable Noun

One, each dan every merupakan kuantitas yang akan selalu bertemu secara langsung dengan Singular Noun. Jadi ketiga kata ini, sudah berjodoh sama kata benda singular yang dapat di hitung (Countable Noun) dan tidak akan pernah bertemu dengan kata benda jamak dan kata benda tak terhitung (uncountable noun) secara langsung. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

Each student has a new book
(Setiap siswa punya sebuah buku baru)

Just One girl is not enough (satu wanita saja tidaklah cukup)

Every box has been moved by Jhon. (Setiap kotak telah dipindahkan oleh Jhon)

Berikut ini contoh penggunaan one, each dan every yang salah. 

*Every sugar tastes sweet (setiap gula rasanya manis) 

*Every students have a new book (setiap siswa punya sebuah buku baru)

Kalimat diatas merupakan penggunaan kata benda yang tidak seharusnya bertemu dengan one, each maupun every secara langsung. Sebab sugar merupakan kata benda berasal dari bentuk benda yang tak dapat dihitung (uncountable Noun). Sedangkan untuk students merupakan bentuk benda jamak (Plural Noun) yang sejatinya terlarang.

One, each, every untuk spesifik plural countable noun

One, each dan every dapat mengikuti bentuk plural noun dalam aturan penyusunan tertentu. Ingat ya, ketiga kata ini hanya bisa bertemu plural Noun (benda jamak) dalam bentuk spesifik, masih ingat dengan penggunaan preposisi OF sebagai Quantittas? Seperti pada penggalan-penggalan kalimat berikut

One of the students..(satu dari siswa-siswa itu..)
Each of the students...( Setiap dari siswa-siswa tersebut)
Every of the students.. (Setiap dari siswa-siswa tersebut)
One of those books..(satu dari buku-buku itu)
Each of these books..(setiap buku-buku itu)
Every of that books..(setiap buku-buku itu)
One of my pencils. satu dari pensil-pensilku)

Each dan Every beda lho?

Sobat Abc!, Sekilas kedua kata ini memiliki arti yang sama ya sob, tapi jangan tertipu. Itu hanya kelihatan mirip aja, yang jelas each dan every itu punya perbedaan . Each lebih merujuk pada individualnya, sedangkan every merujuk pada group atau kumpulan kata benda yang sama ataupun sejenis. 

Each student.. (setiap siswa)
Every student.. (setiap siswa)

Each itu bermakna tiap-tiap atau masing-masing. Biar lebih gampang untuk memahami perbedaannya perhatikan contoh kalimat berikut ini

There are 10 students in every class. Each student has a chair. (Ada sepuluh orang siswa di setiap ruang kelas. Masing-masing siswa punya kursi)

Meskipun kalimat diatas agak nyeleneh, tapi ga ada yang keliru sob😆. Ok saya cukupkan dulu materi ini. Jika kalian menganggap terdapat kekeliruan dalam penyajian ataupun ketidak sesuaian materi, jangan ragu untuk menanggapinya di form komentar. Terimakasih sudah berkunjung, Enjoy learning!

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar