Penggunaan OF pada Kuantitas bahasa Inggris


the use of in quantity

Hallo sobat Abc!, Sepertinya kali ini kita akan beranjak dulu nih guys dari pada topik sentences. Bukan karena topiknya selesai tapi sekedar pengalihan aja biar kontent blog ini bisa bervariasi dan punya berbagai macam hal yang kalian cari mengenai belajar bahasa Inggris. Tapi pastikan juga ya sob bahwa kalian mengikuti minimal kursusan reguler, dimana kegiatan itu bertujuan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang kalian dapatkan. Apalagi yang punya minat besar pada speaking, itu sangat di sarankan. Sebab "Language is habit", semakin sering digunakan maka semakin cakap pula kemampuan kita dalam berbahasa. Ya kalau yang mau jago di penulisan (Writing), saran saya perkuat keilmuan kalian tentang tata bahasa (grammar). Sebab aturan penulisan itu kadang tidak berbanding lurus dengan aturan berbicara. Pokonya gitu deh, okey!

Kita bakalan lanjut lagi ke materi yang ringan lagi nih sob, yakni mengenai salah satu kegunaan preposisi. Salah satu? Iyalah sob, itu dari sekian banyaknya preposisi yang ada. Bisa saja setiap kata preposisi memiliki pembahasanya masing-masing. So ga usah kaget, hal beginian sudah biasa. Justru bagi pelajar bahasa Inggris semakin banyak topik pembahasan akan semakin seru, bukankah begitu? Okey topik kali ini akan lebih spesifik pada penggunaan preposisi OF yang biasanya digunkan pada keterangan KUANTITTAS atau jumlah. Tenang aja materinya ringan kok. So apa saja yang akan kita pelajari pada pembahasan kali ini?

Gunakan preposisi OF untuk menunjukkan jumlah benda secara spesifik.

Preposisi OF selalu menjadi bagian dari sesuatu yang mengekspresikan tentang jumlah suatu benda, baik itu menunjukkan jumlah benda secara spesifik maupun bukan. Tapi sebelum itu paham ga apa yang dimaksudkan dengan kata spesifik? Kata spesifik itu artinya lebih merujuk kepada sesuatu hal yang ditunjukkan secara khusus atau tertentu dan bukan yang lain,  misalnya:

Most smartphones in nowdays are cheap (kebanyakan perangkat-perangkat handphone saat ini harganya terjangkau)

Kalimat ini menunjukkan banyaknya perangkat handphone cerdas saat ini yang harganya terbilang murah. Disini tidak diketahui dengan pasti mengenai jenis perangkat handphone manakah yang dimaksud. penutur tidak merujuk pada suatu brand maupun kelas perangkat secara khusus. Yang pasti kalimat ini hanya menegaskan perangkat smartphone secara luas. Lain halnya dengan kalimat berikut

Most of those smartphones are cheap (kebanyakan dari perangkat-perangkat tersebut harganya terjangkau)

Bisa dibandingkan dengan kalimat sebelumnya yang menerangkan jumlah benda secara luas. Pada kalimat ini sipenutur jelas merujuk kepada suatu kuantitas brand smartphone tertentu, meskipun tidak disebutkan dengan pasti brand atau kelas perangkatnya seperti apa. Namun ada persetujuan yang telah disepakati antara penyimak dan penutur.  Dalam hal ini si penutur telah menunjuk sejumlah perangkat tertentu "most of those..". Lebih mudahnya, si penutur dan penyimak seolah-olah sedang menyaksikan langsung sejumlah smarpthone yang dimaksudkan tersebut dan bukan smartphone yang lain.

Pola penggunaan preposisi

Preposisi OF dapat digunakan untuk menyatakan keterangan jumlah benda baik yang dapat dihitung (Count/Countable Noun) atau tidak dapat dihitung (Non Count/Uncountable Noun). Untuk itu preposisi OF dapat ditempatkan berdampaingan dengan sejumlah frasa yang menunjukkan quantitas seperti all, most, some, any, many, few, several, much, a little dan masih banyak lagi. Untuk bisa menggunakannya perhatikan tabel pedoman penggunaan berikut

TYPES QUANTITY + OF NOUN
Specific some, all, most, any..etc Plural Count/Non Count
Specific many, a few, several, both..etc Plural Count
Specific much, a little, little, etc.. Non count
Non Specific a lot, a few, a couple, a plenty, a number, etc.. Plural Count

Quantity + of + These, those, the, that,my.etc + Noun

Spesifik 

Most of the books..
Many of these books..
A little of that sugar.. 

Perhatikan contoh: 

Many of these students are lazy (kebanyakan siswa-siswa ini malas) 

Most of my books are written in English (kebanyakan buku milikku berbahasa Inggris)

You watched a planty of movies (Kamu kebanyakan menonton film)

Non- Spesific

A lot of doors
A number of flowers
A few of students

I have mentioned a lot of people on facebook (saya sudah menyapa sejumlah orang di facebook)

are You reading a number of novels at once (apakah kamu membaca sejumlah novel-novel ini sekaligus?)

Catatan:
Untuk jenis yang menyatakan quantitas spesifik tidak dapat diubah bentuknya menjadi non-spesifik dengan menggunakan preposisi OF langsung. Jika ingin mengubahnya menjadi bentuk non spesifik kalian harus mencopot preposisi OF tersebut

INCORRECT: Most of books are
CORRECT :  Most books are..

Ini merupakan kesalahan umum yang sering dilakukan dan terlihat lazim. Dalam speaking hal ini bisa kesalahan ini mungkin dapat dihiraukan, tapi untuk writing (menulis) hal ini bisa berpengaruh.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar