Cari Tahu tentang Cloud Server (Komputasi Awan)

Mungkin pada ulasan kali ini saya akan banyak mengutip dari berbagai sumber terkait dengan topik cloud server. sebab saya sendiri ingin memperluas wawasan terkait dengan komputasi awan ini. saya pikir teman-teman sekalian yang sedang membaca ulasan ini memiliki tujuan yang sama, atau hanya sekedar penasaran atau mungkin juga untuk kebutuhan khusus seperti tugas sekolah atau apalah. apapun tujuan kalian, yang jelas informasi kali ini diharapkan bisa memberikan kejelasan secara umum mengenai Cloud server. selain itu, melalui artikel ini kalian bisa menemukan banyak sumber pengetahuan terkait, sebab saya akan melampirkan beberapa sumber resmi yang telah menerbitkan tulisan tentang cloud server ini. 

Cloud Server ilustrasi oleh Pixaby

Tentang Cloud Server

disini saya akan menjabarkan beberapa  definisi yang bisa kita  gunakan sebagai dasar tentunya. Cloud Server itu apa sih?

Cloud server adalah layanan teknologi yang menggabungkan antara komputer dan jaringan yang berbasis internet. Menggunakan teknologi ini memanfaatkan media internet sebagai pusat server untuk pengelolaan data. Sehingga data-data yang kita perlukan dapat dengan mudah kita akses dan tidak perlu lagi menyimpan data melalui alat penyimpanan seperti Flashdisk, CD dan DVD yang beresiko akan kehilangan data. Layanan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan layanan yang sangat prima, kehandalan performa server yang tinggi, dapat diandalkan dan tentunya resource lebih besar. Dengan cloud server maka data yang ada dapat diakses kapan pun sehingga akan lebih mempermudah pekerjaan. sumbernya bisa kalian temukan disini - [1] Mengenal Cloud Server dan 6 Kelebihannya

Cloud server adalah server virtual (bukan server fisik) yang berjalan di lingkungan komputasi awan.  Serta dikirimkan melalui platform cloud computing melalui internet, dan dapat diakses dari jarak jauh. Mereka juga dikenal sebagai server virtual. Server cloud mempunyai semua perangkat lunak yang mereka perlukan untuk dijalankan serta dapat berfungsi sebagai unit independen. sumbernya bisa kalian temukan disini - [2] Cloud server adalah? Pengertian dan Fungsinya

Cloud server artinya yaitu server yang berada di awan, lebih detailnya server dapat menyimpan data website pada jaringan internet dengan menggunakan kapasitas penyimpanan yang sangat besar (awan). Lihat sumber aslinya disini - [3] Cloud Server, Bagaimana Kelebihan dan Kekurangannya?

Cloud server – Sesuai dengan namanya, cloud yang berarti awan, maka teknologi ini seolah menggambarkan bahwa setiap data bisa disimpan secara tak kasat mata. Teknologi ini adalah suatu layanan yang menggabungkan jaringan berbasis internet dan komputer. Intinya, teknologi ini memanfaatkan internet sebagai pusat server untuk mengunggah dan mengelola data. Sehingga tiap data yang diperlukan bisa dengan mudah diakses serta tidak perlu disimpan pada hardware seperti falshdisk atau hardisk. lihat sumber aslinya disini - [4] Mengenal Cloud Server dan Fungsinya

Cloud server adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan')Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. - [5] Komputasi Awan

 Fungsi Cloud Server

dari beberapa pengertian diatas dapat kita tarik benang merah bahwa Cloud Server itu bukanlah server berbentuk fisik seperti pada umumnya. melainkan ruang penyimpanan virtual yang tergabung dari berbagai komputer server (Fisik) dalam satu Jaringan dengan memanfaatkan internet sebagai pusat untuk pengelolaan data. sehingga setiap pengguna dapat mengunggah dan mendowload data yang diperlukan dengan mudah. Cloud Server juga memiliki sejumlah perangkat lunak untuk menjalankan sejumlah fomat data yang diperlukan oleh pengguna yang dapat berfungsi sebagai Unit Independen serta memiliki kapasitas penyimpanan data yang besar.

jadi cloud server ini fungsinya mempermudah pengguna untuk mengelola dan mengakses sejumlah data  yang tersimpan kapan dan dimana saja selama perangkat yang digunakan masih terhubung dengan jaringan internet. karena sifatnya yang fleksibel, pengguna tidak harus direpotkan lagi dengan berbagai macam penyimpanan data seperti flashdisk atau disk. selain itu mengurangi dampak kehilangan data karena ketidak sengajaan seperti file terhapus ataupun infeksi virus pada perangkat yang menyebabkan kerusakan data sehingga tak dapat digunakan lagi. intinya dengan adanya teknologi Cloud Server ini akan mengurangi dampak tersebut karena sifatnya yang fleksibel dan efisien.

contoh penerapan aplikasi Cloud Server yang biasanya kita gunakan sehari-hari baik dari desktop maupun aplikasi perangkat mobile multi platform dan sistem operasi. saat ini aplikasi sistem penyimpanan awan telah banyak digunakan Berbagai macam aplikasi yang dibuat oleh google seperti Google Drive, Photo, Document dan sebagainya. tidak hanya google, namun aplikasi seperti document, pembaca pdf, worksheet, one note buatan microsoft juga merupakan contoh dari pengembangan sistem cloud server yang bisa kita temukan saat ini.simpan dan berbagi file dari penyimpanan berkas yang sama. 

nah seperti itu ya teman-teman gambaran tentang cloud server (penyimpanan awan). semoga ulasan ini bisa menambah wawasan kita. terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. jika dianggap membawa manfaat jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman atau orang terdekat yang membutuhkan info seperti ini. semoga harimu menyenangkan.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar