Perbedaan situs blog pribadi dan website berita

hallo teman-teman sekalian, nampaknnya kali ini saya tertarik untuk mengulas satu topik yang biasanya banyak ditanyakan oleh penggiat situs web/blog pemula yaitu apa bedanya situs website berita dan situs blog personal?."hmm" sepertinya ini menarik ntuk ditangapi dan saya pribadi sudah memiliki jawaban yang insyAllah bisa memuaskan kalian tentunya. karena saya sendiri adalah seorang yang memiliki pengalaman dari kedua hal tersebut. jadi saya merasa memantaskan diri untuk menjawab pertanyaan ini. "well.. lets get to the main topic dude"

Situs Blog versus Website Berita
 

sebelum mengulas hal ini secara mendalam sebaiknya saya paparkan dulu pengetahuan dasarnya mengenai apa itu website dan blog. tentu saja ini sifatnya opini ya teman-teman sekalian. jadi bisa saja terdapat perbedaan dari setiap sumber baca yang kalian temukan. namun saya juga akan menyediakan link sumber bacaan yang lain agar tidak terpaku dengan satu referensi yang mungkin bisa menjebak wawasan kalian tentunya. 

apa itu Blog?

blog merupakan situs web yang memuat sejumlah konten-konten artikel yang sifatnya personal. kebanyakan kontennya akan mengarah pada hal-hal yang berhubungan langsung dengan keseharian si penulis blog yang bersangkutan baik itu minat, hobi, observasi, dan opini. jadi sifatnya akan sebatas pada hal-hal yang berhubungan dengan pengalaman sipenulisnya langsung. misalya jika penulisnya memiliki minat pada pendidikan, hiburan, dan game maka bisa dipastikan topik-topik ulasan di dalamnya mungkin akan berisi semua hal tersebut. selain itu bahasa yang dikemas dalam sebuah situs blog itu bebas, karena cenderung berkiblat pada gaya penuturan kata sipenulis tersebut. jadi muatan bahasanya akan lebih ringan dan santuy. "bisa dibilang blog itu merupakan salah satu bentuk buku catatan virtual harian si penulis". ini ungkapan yang tepat untuk mendefinisikan situs blog menurut pendapat saya. jika diperhatikan dari sturukturnya sendiri halamann situs blog itu sangat sederhana. karena halaman utamanya itu hanya terdiri dari se-deretan posting artikel terkini dan lalu. mungkin juga terdapat navigasi menu utama terkait dengan sejumlah passion si penulis. coba lihat juga ulasan lain mengenai situs blog disini - Pengertian situs blog  atau perbedaan websie dan blog

jadi sangat jelas ketika saya ditanya situs blog itu apa? maka saya akan langsung menjawabnya " buku catatan harian virtual", okay, ga perlu ribet. jika ingin melihat penampakan asli dari situs blog itu seperti apa, maka teman-teman tidak usah mencarinya jauh-jauh cukup tekan saja link arhamalpian.online. situs ini juga merupakan contoh situs blog jadi silahkan jelajahi isinya dan  amati strukturnya dengan saksama teman-teman.

apa itu website?

website merupakan sekumpulan halaman web yang terhimpun dan memuat berbagai jenis konten dalam satu nama domain. bisa dibilang struktur kontennya kompleks dibandingkan dengan situs blog. bahkan situs website  sendiri pada halaman utamanya juga memuat halaman blog didalamnya. "yah mungkin sedikit membingunkan penjelasan saya ini teman-teman. mungkin kalian juga bisa mengunjungi sumber bacaan lain terkait dengan ulasan situs website ini sendiri pada - apa itu website? atau apa itu website? jenis dan contohnya. 

nah jadi jelaskan perbedaannya, intinya situs blog dan situs website itu sama-sama konten web - definisi web. hanya saja perbedaan yang mencolok diantara keduanya adalah pada muatan konten dan sturukturnya. jika struktur situs blog sendiri hanya terdiri dari halaman posting artikel dan sejumlah navigasi menu. maka website pada halaman utamanya mampu memuat ringkasan banyak halaman sekaligus termasuk halaman situs blog. untuk contoh website sendiri ada banyak jumlahnya, namun saya lebih merekomendasikan halaman website Universitas Madako Tolitoli sebagai bintangnya.

Bedanya situs blog dan website berita

"back to the main topic" lagi nih teman-teman. jika dilihat dari sejumlah penjelasan diatas maka bisa saya simpulkan perbedaannya sebagai berikut

Situs Blog

- kontennya merupakan keseharian aktivitas, opini, hobi dan minat si penulis langusng

- dikelola secara personal oleh si penulis blog itu sendiri 

- penulis artikelnya adalah pemilik situs blog itu sendiri

- muatan bahasa di dalamnya santuy

- tidak berbadan hukum

- struktur halamannya sederhana

Situs Berita

- Kontennya kompleks (luas) meliputi banyak bidang kehidupan

- dikelola oleh perusahaan, lemabaga atau instansi tertentu

- penulis artikel blognya banyak (jurnalis) 

- penerbitan posting artikel yang teratur

- bahasanya diatur sesuai dengan sop yang belaku pada lembaga, isntansi atau perusahaan yang bersangkutan.

- umumnya sudah berbadan hukum

- struktur halaman utama memuat banyak pintasan informasi sejumlah halaman konten website tersebut

nah seperti itulah teman-teman perbedaan situs blog dan website berita. siapa tahu ada diantara kalian yang ingin membangun salah satu diantaranya.  tapi untuk langkah awal sebaiknya mulai dulu dari situs blog personal, karena pengelolaannya terbilang mudah, murah dan ga ribet. jika sudah memiliki modal yang cukup barulah kembangkan ke tahap pembangunan sebuah website. jujur ya teman-teman, untuk mengelola webiste dibutuhkan pembiayaan yang tidak sedikit. katakan saja untuk membayar sejumlah penulis dan sewa hosting dan segala macamnya. nah, semoga ulasan kali ini bermanfaat. salam sukses!

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar