Memperkenalkan Diri dikelas Dalam Bahasa Inggris (advanced)

Hallo sobat sekalian, akhir-akhir ini saya sudah menerbitkan beberapa artikel terkait dengan banyak hal. mulai dari gaming sampai dengan hal-hal mistis ya teman-teman. pokoknya isi blog ini bakalan jadi gado-gado karena kontennya bakalan sesuai dengan mod penulis. tapi teman-teman pembaca sekalian, ga usah pusing dengan konten situs blog saya yang kadang acak-acakan, sebab saya sudah membuat batasan pada masing-masing topik tersebut. jadi teman-teman bisa langsung menuju ke artikel yang sesuai dengan minat teman-teman sekalian. diatas ada sejumlah menu yang ditampilkan silahkan tinggal masuk aja ke menu baca yang kalian inginkan. jika menggunakan perangkat phonsel pastikan kalian tinggal menekan panel SHOW MENU dan akan muncul dari sisi kiri layar sejumlah option dari setiap pembahasan yang ada disitus ini dan teman-teman tinggal sesuaikan saja menu baca yang akan ditampilkan. 

nah, kali ini saya ingin berbagi lagi satu topik yang berhubungan dengan belajar Bahasa Inggris. Mumpung saya sedang mengikuti program English Club, yah seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa konten di situs blog ini akan terupdate sesuai dengan aktifitas langsung si penulis. jadi harap maklum. okey, pada topik kali ini saya akan mengulas tentang materi dasar bahasa Inggris yang mungkin bagi kalian sendiri sudah cukup membosankan atau apalah. "katakanlah seperti itu". materi apakah itu teman-teman? ya betul sekali "Perkenalan Diri" atau "Self Introduction".  

Perkenalan diri (Self Introduction) 

Perkenalkan dirimu

jadi materi Perkenalan Diri merupakan hal yang dasar yang biasanya akan ada pada pembukaan kegiatan atau pertemuan. tujuannya sih jelas, memberikan sejumlah informasi umum kepada orang lain tentang diri kita. dimana informasi yang disampaikan  masih bersifat umum atau layak untuk diketahui oleh orang lain agar mereka mudah membedakan dan mengenal diri kita. nah, informasi umum yang biasanya kita berikan kepada orang lain adalah Nama, Asal, hoby dan interest (minat).

Bagaimana Cara memperkenal diri kepada oran lain 

berikut ini teman-teman akan menemukan serangkaian informasi tentang bagaimana cara memperkenalkan diri kepada orang lain. tentu saja disini kita akan mempelajari susunan tata caranya. 

1. Greetings (Sapaan)

nah, bagian yang pertama ini merupakan hal yang sangat penting teman-teman. pastikan kalian menyapa orang-orang yang berada di sekitar kalian terlebih dulu. baik itu jumlahnya banyak ataupun 1 orang. Mengapa harus menyapa yang lain? "ini adalah bagian dari tatakrama, my bro and sister". jangan membuat orang lain terkejut, jangan membuat orang lain merasa tak nyaman. untuk itu sapa mereka atau siapaun orang yang berada disekitarmu. pada bagian ini kalian bisa menggunakan beberapa susunan kalimat berikut:

Hi/ Hello,/Hi everyone,... (hallo, hai semua)

nice to meet you all (senang berjumpa dengan kalian)

setelah itu baru kalian ucapkan salam

Assalamualaikum/Good morning, atau Keduanya  Assalamualaikum and good morning 

saat menyebutkan waktu tinggal sesuaikan saja. 

nah mulailah sampaikan keinginan serta maksud dan tujuan kalian kepada yang lainnya dengan menggunakan salah satu dari kalimat-kalimat pengantar berikut

let me indtrouduce myself

allow me introduce myself

I am here to introduce myself

I woluld like to introduce myself

pilih salah satu kalimat yang menurut kalian paling nyaman untuk digunakan.

2. Tell Your Name (Beritahukan siapa Namamu)

disini tidak ada hal tambahan kalian tinggal menyebutkan saja kalimat berikut

my name is Arham Alpian. you may call me Ham (nama saya Arham Alpian. kalian bisa memanggil saya Ham)

3. Your From (Asal)

disini kalian hanya perlu menambahkan sejumlah informasi mengenai tempat (Negara,kota,Jalan) atau asal kalian darimana, seperti contoh berikut

I am from + The place where you are from (tempat dimana kalian berasal)

I am from Indonesia, Sulawesi Tengah, Tolitoli Exactly. I live at Nopi, Dapalak Street Number 17.

jika di dalam kelas tersebut hanya terdapat sejumlah  orang yang berasal dari daerah yang sama dengan tempat asal kalian. maka tidak perlu lagi mengungkapkan tempat asal secara keseluruhan, perhatikan contoh berikut

I live at Tuweley, Anoa street number 20 (saya dari Tueweley di Jalan Anoa nomor 20)

kalian hanya perlu mengganti sejumlah informasi berdasarkan tempat kalian berasal.

4. Some addtional Infromation (sejumlah Informasi Tambahan) 

tahap yang ke 4 ini, kalian bisa menyajikan beberapa informasi tambahan mengenai diri kalian yang mungkin bisa dibagikan kepada orang lain. beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

- Your Degree (Kedudukanmu)

I am the first semester student of  English department (saya adalah mahasiswa bahasa Inggris semester pertama)

I am the leader of the students' association of english department (saya adalah ketua himpunan bahasa Inggris)

I am an officer on web secure system at Madako University (saya adalah seorang karyawan IT di Universitas Madako)

intinya ada banyak hal yang bisa anda bagikan kepada yang lain mengenai posisi pada bidang tertentu agar orang lain dapat mengenal sisi unik diri kalian.

- Your Interest (Ketertarikan/Minat)

ini akan memberikan sejumlah informasi tambahan kepada yang lain bahwa kalian itu tertarik atau memiliki minat pada beberapa hal lain, perhatikan contoh berikut:

I love reading some Novel (saya senang membaca novel)

I love listening some musics (saya penikmat musik)

I love reading some sort stories on certain web pages (saya suka membaca cerita pendek dari berbagai halaman web pilihan)

I love writing some blog news artikel about Ghost  (saya gemar menuliskan kabar berita di blog mengenai penampakan hantu)

bagaimana jika saya memiliki banyak minat?

gunakan "Also" untuk mengungkapkan sejumlah minat yang kalian miliki, contoh:

I love reading some sort stories on certain web pages, also listening some musics (saya suka membaca cerita pendek dari berbagai halaman web tertentu, saya juga saya penikmat musik)

5. Clossing (penutup)

dalam perkenalan ini merupakan hal yang penting, gunakan ungkapan penutup yang tepat agar perkenalan kalian berkesan dan menarik. disamping itu orang lain juga akan merasa tertarik dengan pembawaan kalian. "tergantung sih". nah, untuk clossingnya kalian bisa menggunakan kalimat berikut:

thats all about myself. I hope we can be friend and if anyone have the same interest, we may bacome a good friend. thanks for your attention, hope you have a great day. (baiklah, itulah sekedar informasi mengenai diri saya. Saya berharap kita bisa berteman dan jika ada yang memiliki minat yang sama dengan saya, mungkin kita bisa menjadi lebih akrab. terimakasih atas perhatiannya, semoga hari kalian menyenangkan).

 nah sobat sekalian, berikut contoh yang dapat saya simpulkan dari susunan perkenalan diri diatas;

hi everyone

Assalamualaikum and Good afternoon

nice to meet you all

Okey, I would like to introduce myself. My name Is Arham Alpian. you may call me Ham. I am from Sulawesi, Tolitoli Excatly. I live at Nopi, Dapalak Street number 17. I am an officer on web secure system at Madako Universit. I am the person who have some interest in many things like Blog wirter, reading some novel, listening some music, broadcasting some android games on youtube channel and many things else. I can't say all of it right now. but if you may have one of my interest that mentioned.so we may become get along very well. Ok, thats all about myself. I hope we can be friend and if anyone have the same interest, we may bacome a good friend. thanks for your attention, hope you have a great day.

nah mungkin seperti itu ya teman-teman. bagaimana cara yang baik untuk memperkenalkan diri kita kapada orang lain. kalian bisa menyesuaikan dengan menggunakan susunan yang sederhana dengan mengacu pada ulasan yang ada diatas. intinya jangan pernah berhenti mencoba sebab mencoba itu gratis. teruslah belajar dan perbanyak melibatkan diri dalam banyak kegiatan guna melatih mental dan kesiapan kalian menghadapai orang lain. semoga artikel ini bermanfaat, jika ada kekeliruan jangan sungkan untuk memberikan komentar dan tanggapan kalian pada form komentar. dan jika  artikel ini dianggap dapat membantu banyak pelajar yang lain. silahkan kalian bagikan, saya mengikhlaskan dan merodhoi hal itu selama tidak digunakan untuk keperluan khusus. terimakasih sudah membaca semoga hari kalian menyenangkan

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar