jadi konten kreator game castle clash 2021, mungkinkah?

hallo sobat sekalian kali ini saya mau berbagai cerita lagi nih, yaitu tentang sulitnya menjadi konten kreator game castle clash di youtube channel. ya itu adalah saya sobatku sekalian, seorang konten kreator castle clash tanah air sedang berjuang untuk mengumpulkan sejumlah besar penggemar yang sehobi. tapi akhir-akhir ini terasa semakin sulit minta ampun. padahal untuk pengguna tanah air sendiri bisa dibilang jumlahnya sangat banyak. game ini telah diunduh 1 juta orang lho, data ini saya dapatkan dari halaman google playstore. terlepas data yang ditunjukkan itu akurat atau tidak, tapi setidaknya saya bisa  berasumsi bahwa jumlah clashers tanah air setidaknya ada 50% dari jumlah data yang ada. dengan jumlah segitu saya pikir masih bisa dibilang cukup menjanjikanlah untuk berketetapan hati di game ini. paling tidak saya bisa berharap sekitar 10% pengguna yang mungkin terjaring menjadi penggemar channel saya ini. tapi sampai saat ini saya masih kesulitan untuk merangkul sejumlah kecil kemungkinan tersebut. dengan sedikit keraguan, saya berharap semoga dalam waktu dekat ini saya bisa merangkul minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang saja di tahun 2020 sebagai jaminan bagi saya untuk berketetapan menjadi seorang konten kreator game castle clash ini.


Ilustrasi, Broadcast gaming

pasalnya akhir-akhir ini benar-benar serasa mencekam, mungkin karena saya sudah termakan oleh isu yang mengatakan pada tahun 2021 kebijakan Youtube Channel akan diperketat. dimana untuk menjadi partner youtube ini para kreator diwajibkan untuk mendapatkan 10k subscriber. jujur ini yang membuat saya merasa tertekan. dalam pikiran saya saat ini, "jangankan mendapatkan 10k, untuk mendapatkan sejumlah subscriber  yang saat ini saja saya membutuhkan hampir 2 tahun lebih". saya pikir itu adalah hal yang mustahil bagi saya. 

sebenarnya saya sendiri tidak pusing dengan isitlah partner atau apalah. karena saya pribadi masih senang dengan permainan ini. jujur, hal itu sama sekali tidak mempengaruhi saya untuk tetap menyiarkan siaran-siaran game castle clash. hanya saja, saat ini saya berfikir untuk mengembangkan mode permainan saya ke tahap yang lebih advance lagi, yaitu mencapai might besar dalam game ini. dimana jika memungkinkan saya ingin masuk ke ranah top global. tidak usah membayangkan masuk 10 besar, masuk halaman kedua dari deretan clasher top global saja sudah cukuplah. kan lumayan jika bisa melukiskan nama sebagai salah satu pemain tanah air sekaligus sebagai penyiar yang berhasil menembus ranah top global per-clasheran. tapi tentu saja dibutuhkan dana yang cukup besar untuk mencapai semua hal itu.  kalian sudah pada tahukan aliran dari permainan castle clash ini bagaimana. 

jujur saya tidak ingin menghabiskan biaya pribadi yang begitu besar hanya untuk pendanaan sebuah permainan. untuk itu saya membutuhkan dana tambahan dari sumber lain yang minimal bisa menopang pembiayaan belanja in-game. salah satunya melalui dana dari channel yang telah bermitra dengan youtube. saya sebenarnya tidak begitu yakin dengan penghasilan yang mungkin bisa didapatkan oleh channel dengan subscriber dan viewers kecil seperti ini. saya memahami betul cara kerjanya karena saya bukanlah orang yang baru dalam dunia publisher google. saya sudah lebih jauh mengenal perhitungan pendapatan google adsense ini. karena saya sendiri sudah bermitra sejak 2013 silam dengan jaringan periklanan terbesar di dunia ini. kalian mungkin bisa melihat iklan adsensenya nongol di blog ini, benarkan?

intinya kalaupun channel saya bakalan terpasang iklan, itu tidak menjamin saya mempunyai gaji yang besar nantinya. tapi bagi saya itu tidaklah mengapa, minimal saya sudah merasa dihargai dalam pembuatan konten dan membuat saya tetap bersemangat untuk mengupdate konten dengan topik yang fresh . setidaknya topik yang saya suguhkan di saluran Mokota Games Lab tidak ketinggalan jauh dengan broadcaster luar negeri. sehingga kita sebagai orang Indonesia bisa sedikit berbangga atau punya kebanggaanlah. tapi ini hanya pendapat saya semata, ngga tau dengan sobat apakah masih senang dengan konten-konten yang saya suguhkan atau bagaimana-bagaimana. namun, jika memang tidak bisa mencapai sepertinya ini keputusan yang tepat bagi saya untuk memilih hengkang dari jalur broadcester gaming hingga akhir tahun 2020. saya tidak akan keluar untuk tetap mencoba jalan saya di youtube, tapi mungkin dengan konten lain selain game. mungkin tentang blogging atau tutorial apalah gitu.

ok, sobatku sekalian. sepertinya saya sudah kehabisan bahan nih untuk sekedar bercerita disini. takutnya saya malah memberikan informasi yang berlebihan nantinya. intinya buat kalian para pemain yang sehobi dengan saya, jangan sungkanlah untuk memberikan dukungannya dengan berlangganan konten dichannel Mokota Games Lab. biar target saya ditahun 2020 ini bisa terpenuhi yang bisa memberikan setitik kehidupan untuk perkembangan channel saya di tahun mendatang.  ok, semoga hari kalian menyenangkan terimakasih sudah membaca.

Comments

  1. Modal lah bro, hero loe ketinggalan jauhhh

    ReplyDelete
  2. Dulu sye sempat subscribe channel loe, tp hero loe jauhh ketinggalan, modal lah

    ReplyDelete
  3. "ok, bro besok kita top UP besar-besaran.... kita borong sampai developpernya trus kita tutup servernya" becanda!...anyway thanks ya buat sarannya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar