cara paling mudah pasang galeri gambar di blogspot

halo sobatku, kali ini saya mau mengulas sedikit kisah unik seorang konten kreator blog yang tidak bisa membuat halaman galeri gambar di situs blognya sendiri. pasalnya bukan karena baru belajar nge-blog sehingga masih belum bisa menggunakan semua tool yang ada pada platform tersebut. tapi memang platform ini sendirilah yang tidak menyediakan fasilitas untuk membuat halaman galeri gambar, "sungguh sangat disayangkan".

jujur saja nih, semenjak kemarin saya terus mencoba berbagai cara untuk membuat halaman galeri gambar tapi tak kunjung berhasil. padahal saya sudah membaca begitu banyak referensi dan tutorial dari blog sahabat yang ujung-ujungnya tutorial yang mereka paparkan tidak berhasil saya terapkan di blog ini. "wah ini ada apa?". saya menjamin tutorial yang mereka ulas begitu jelas dan terperinci sehingga mudah bagi saya mengikuti arahan apapun yang mereka suguhkan, namun kenyataannya saya hanya menemukan sejumlah pesan yang bentuknya seperti ini "mozilla tidak dapat menampilkan halaman ini". sehingga muncul kecurigaan bahwa saya benar-benar belum mendapatkan izin dari penyedia halaman galeri gambar saya dilekatkan di situs blog tercinta ini. terlepas dari benar dan tidaknya, sepertinya saya sudah malas untuk mengusut kasus tersebut lebih mendalam. saya lebih memilih alternatif lain yang mungkin saja bisa saya gunakan. dan akhirnya saya menemukan satu cara yang menurut saya paling mudah meskipun sebenarnya cara ini sangat berbelit-belit. tapi karena kebutuhan, ya saya anggap bolehlah dari pada saya tidak bisa mewujudkan salah satu keinginan terbesar saya.

Halaman Galeri Gambar itu Perlu

Galeri Gambar Blogspot
 

awalnya saya tidak begitu tertarik dengan semua tetek bengek ini, tapi seketika saya berfikir halaman gambar itu penting. karena saya adalah orang yang ekspresif dalam bersosial media maka menjadi pentinglah hal ini. jadi keseharian saya itu suka sekali mengunggah berbagai macam quote hasil kreasi saya sendiri untuk sekedar mengekspresikan diri. ya namanya juga jiwa kreatif, saya tidak bisa menyangkalinya. meskipun sesekali saya dapat mengalihkannya dengan beranggapan bahwa hal semacam ini tidak begitu apalah. jadi untuk apa dipusingkan, lagian saya bisa membuat berapapun jumlahnya dalam sehari lalu mengunggahnya lagi. namun akhirnya saya sadar bahwa apa yang saya lakukan itu adalah kerugian, mengapa? "itu karya lho, meskipun bernilai receh setidaknya butuh sedikit usaha dan kecerdasan untuk sekedar menyusun kata-kata aneh, terlebih lagi saya harus menggunakan sejumlah aplikasi editor gambar, jadi kalau dibuang begitu saja kan sayang". 

mulai dari sinilah, otak saya serasa terpacu "mengapa tidak saya abadikan saja hasil karya-karya receh semacam itu pada sebuah album galeri gambar". awalnya saya tidak memiliki ide apapun untuk membuat halaman khusus semacam ini. jadi saya hanya mencoba membuatnya pada drive online saja. namun ternyata saya belum cukup puas, alasannya saya adalah seorang konten publisher yang selalu memikirkan keuntungan "dan ini dia masalahnya". jadi mulai dari hal yang sebenarnya sederhana hingga akhirnya berujung pada titik berfikir yang rumit. kalau saja saya hanya menempatkan halaman galeri gambar ini pada penyedia penyimpanan virtual, berarti saya tidak bisa memperoleh apa-apa. disamping itu yang dapat mengakses drive ini hanyalah saya seorang. otomatis hasil karya seni nan receh ini tidak akan bisa di bagikan ke orang lain, tidak bisa ditampilkan ke orang lain dan tentu saja saya tidak bisa menghasilkan apapun dari ini. "ini benar-benar hal yang tidak membuat saya merasa diuntungkan". 

hingga akhirnya saya memutuskan, bagaimana kalau saya menempatkan galeri ini di situs blog pribadi saya. sehingga hal ini bisa di nikmati oleh banyak orang dan tentunya saya tetap untung. "kok bisa gitu?" iya di situs blog ini memungkinkan bagi saya untuk menghasilkan sesuatu. sebab taulah ya, coba perhatikan bagian atas halaman, samping dan bagian bawah, terdapat sejumlah iklan  bukan?. jadi, siapa tahu dengan bertambahnya halaman galeri ini memungkinkan seringnya peluang klik yang terjadi. "saya tidak bisa meneruskan lagi sob masalah ini, intinya dengan jalan ini saya berpeluang untuk meraup untung, titik".

Membuat halaman galeri gambar di Blogspot

setelah saya menemukan alasan yang tepat, akhirnya berjumpa lagi dengan masalah yang lain. yeah, saya baru sadar kalau situs berplatform blogger itu tidak cocok untuk halaman galeri gambar sebab memang tidak ada fasilitas yang menunjang untuk membuatnya. sebenarnya tool yang disediakan di platform ini bisa dibilang memadai untuk sekedar posting artikel dengan ruang tampilan gambar yang sederhana. namun saya berfikir itu tidaklah cukup, saya butuh sesuatu yang terlihat keren dan unik. jadi saya harus melakukan sejumlah kustom disini. yaitu menempatkan sejumlah scrypt khusus untuk membuat galeri pada penayangan halaman. jadi, inilah yang saya maksud sebagai tantangan bagi konten kreator situs blog di platform milik google ini. sangat jauh berbeda dengan tool yang disediakan pada platform wordpress org, yang memiliki banyak kemudahan dengan dukungan jutaan plugin yang bisa di install kapan saja sesuai dengan kebutuhan si pemilik situs.

karena saya orang yang cukup lama mengenal platform blogger ini, saya pikir tidak ada gunanya untuk menggerutu sebelum mencoba banyak hal. intinya platform blogger itu cukup bisa diandalkan hanya saja tidak ada cara instan. mau seperti apapun tampilan website yang kalian inginkan pasti ada jalannya selama punya keinginan untuk menggali. dan benar saja, akhirnya saya bisa mewujudkan hal tersebut meskipun masih jauh dari harapan dan impian yang sebenarnya. tapi setidaknya saya cukup puas setelah melalui banyak hal. 

Melakukan Embed Halaman Galeri Gambar

jauh sebelum kata berhasil itu ada, saya sudah melalui banyak rintangan yang sulit dan kegagalan. salah satu hal yang pernah saya coba adalah melakukan embed halaman pada situs blog ini. tentu bukan dari hasil kerja saya sendiri melainkan menerapkan hasil kerja orang lain ke situs blog ini. namun masih tetap membawa kegagalan. artinya trik embed sudah tidak berlaku lagi pada platform blogger dimasa ini. saya tidak mengatakan untuk tampilan google form, tapi yang saya maksud disini adalah khusus untuk galeri gambar saja. saya telah mengikuti semua instruksi seperti ulasan teman-teman blogger yang lain tanpa melewati apapun informasi yang tertera di situs blog mereka. namun hasil yang saya dapatkan tetap saja gagal. saya tidak tahu persis letak permasalahannya dimana, tapi saya berasusmsi bahwa situs tempat saya menyimpan sejumlah galeri gambar tersebut tidak mengizinkan halamannya untuk ditayangkan pada situs blog ini.

sepertinya saya memang tidak bisa menggunakan cara yang sama untuk membuat geleri gambar disitus blog ini. maka dari itu saya butuh cara yang lain selain menempatkan sejumlah scrypt embed halaman. saya tidak berhenti sampai disini saja, pasti ada hal yang lain yang bisa dilakukan.

Akhir sebuah pencarian

karena tak satupun cara diatas yang berhasil saya terapkan disitus blog ini, maka saya terus melakukan penelusuran informasi di sejumlah tempat, hingga akhirnya saya menemukan satu cara yang berguna untuk menampilkan galeri gambar pada halaman situs blog ini. cara ini terbilang lebih mudah karena saya tidak perlu meracik banyak kode iframe. disini saya perlu menyalin scrypt dari public album generator dan langsung meletakkan kode tersebut pada salah satu halaman situs blog ini. bagaimana caranya? berikut penjabarannya

1. pastikan kalian sudah memiliki album gambar pada penyedia drive online seperti google drive atau google photo. silahkan buat saja album gambar kalian dipenyimpanan virtual pavorit kalian dimanapun. 

2. dapatkan url folder album gambar sobat dari penyimpanan virtual kalian. misalkan kalian telah membuat album gambar pada google photo sebelumnya. maka kalian hanya perlu menyalin url yang kurang lebih seperti ini bentuknya

https://photos.app.goo.gl/QsBUgMfjhdaff78e

perlu diperhatikan bahwa, pastikan dulu kalau link tersebut sudah bersifat terbuka untuk publik sehingga semua gambar yang tersimpan di dalam folder galeri tersebut dapat ditayankan nantinya. ini adalah hal yang sangat penting dan tak boleh dilewatkan.

3. segera pastekan url yang kalian dapatkan seperti pada langkah diatas ke halaman situs web berikut

Publicalbum

disana kalian akan menemukan sejumlah informasi terkait pembuatan galeri gambar. jika tidak ingin membuang banyak waktu membaca, coba scroll terus halamannya hingga kalian menemukan info semcam ini "Insert link to sharing of your Google Photos album", kurang lebih penampakannya seperti ini. 

Tambahkan teks

pastekan url galeri gambarmu tadi.lalu tekan "create embed code" seketika kalian akan berada pada halaman editor disitus tersebut untuk sekedar melihat penampakan galeri gambar kalian nantinya.setup sesuai selera, jika sudah langsung pilih "copy code to clipcoard" yang artinya kalian telah menyalin sejumlah kode yang telah siap dipasangkan ke situs blog atau webisite tentunya.

4. buat halaman galeri gambar di blogspot

disini kalian haru kembali lagi ke dashboard paltform blogspot kalian untuk membuat halaman galeri gambar dengan kode yang telah kalian dapatkan pada cara no 3. langusng saja pilih halaman dan buatah halaman kosong. terserah kalian mau memberinya nama seperti apa untuk halaman tersebut. masuklah ke mode HTML atau tampilan HTML, lalu pastekan kode tersebut tanpa berfikit panjang lagi dan selanjutnya pilih "publikasikan" untuk melihat hasilnya. 

saat pertama kali mamasang kode, biasanya halaman akan terlihat blank. tidak usah khawatir, kalian hanya perlu merefresh halaman tersebut dan dipastikan setelah itu halaman galeri gambar yang kalian buat akan ditampilkan dalam mode slideshow. seperti pada halaman My Quotes ini. dengan begitu kalian sudah berhasil membuat halaman galeri gambar dengan mudah pada platform blogger tercinta ini. kode ini juga dapat diletakkan pada tampilan widget blog menjadi tampilan galeri gambar yang indah pada sisi lain halaman situs blog. kalian tinggal menentukan ukuran yang sesuai dengan margin widget kalian jika memang diperlukan. oh iya, ini juga termasuk embed kode ya teman-teman meskipun ini lebih sederhana dibandingkan dengan kode iframe yang kebanyakan digunakan untuk menampilkan widget. makanya saya katakan sedikit beda."hehe, saya tidak tahu persisnya sob". intinya buat menemukan kendala seperti saya bisa mencoba cara ini. dijamin mudah dan lebih efisien, kekurangannya satu, tampilan galerinya seperti slide show. jadi bagi kalian yang memiliki sedikit pengetahuan tentang scrypt mungkin bisa melakukan sedikit modifikasi. "kalau berhasil dan tempilannya dalam bentuk grid, jangan lupa infokan kepada saya ya melalui form komentar."

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar