berapa kecepatan minimum jaringan yang dibutuhkan untuk livestream game?

Kecepatan akses jaringan merupakan kebutuhan yang paling krusial bagi seorang livestreamer game.entah harus live menggunakan perangkat apa dan aplikasi apa, yang jelas ini merupakan salah satu variable yang tidak boleh dihiraukan. kecepatan jaringan juga akan mempengaruhi output video yang diterima oleh penggemar yang sedang menyaksikan tayangan video kita. jaringan yang cepat akan menghasilkan outpun tayangan yang baik sedangkan kualitas jaringan internet yang lelet akan menghasilkan output yang sebaliknya.

lalu berapa kecepatan minimal jaringan yang dibutuhkan untuk bisa livestream gaming dengan lancar?

untuk hal ini saya menjawabnya dengan referensi pengalaman sebagai seorang livestreamer game di youtube. jadi ini merupakan pengalaman pribadi yang saya bagikan kepada kalian, bukan hasil ciplakan coretan oleh orang lain.

berdasarkan pengalaman saya selama menjadi seorang broadcaster game, kita hanya membutuhkan minimal kecepatan jaringan internet 10Mbps untuk dapat melakukan livestream dengan lancar pada kualitas output HD 720p dengan 60fps. dengan kecepatan segini kamu sudah mendapatkan hasil yang bagus. setidaknya kualitas tayangan sudah cukup jelas dan tidak lag. jadi jika kamu seorang livestreamer game yang hanya punya akses kecepatan jaringan seperti ini, saya katakan itu sudah cukup. berikut adalah contoh output dari tayangan livestream dari saya


saya memiliki kecepatan jaringan yang sama seperti yang disebutkan diatas, tapi hasilnya lag dan patah-patah dan kabur?

sebelumnya ada beberapa hal lain yang harus kamu perhatikan untuk menjamin kualitas output tayanganmu,

1. Jumlah pengguna jaringan

ini bisa menjadi salah satu faktor mengapa output tayangan livestreaming jelek. dengan banyaknya pengguna yang mangakses jaringan internetmu maka kecepatan 10Mbps akan terbagi dengan pengguna lain. sebelum memulai livestreaming pastikan dulu jumlah pengguna yang sedang mengakses jaringanmu. jika terdapat hingga 8 pengguna maka dipastikan output tayanganmu akan berkulitas jelek. jika kamu menggunakan aplikasi OBS ini akan terlihat jelas pada indikator jaringan. jika indikator jaringannya berwarna hijau berarti tidak ada masalah dengan jaringanmu, jika merah maka dipastikan tampilan tayangan akan patah-patah.

Obs Livestreaming
livestreamin jairingan 10Mbps via OBS

2. pastikan kamu tidak menggunakan perangkat dibawah standard

perangkat yang mumpuni yang saya maksudkan disini adalah bukan perangkat dengan spek tinggi melainkan perangkat dengan kondisi standard. artinya kamu dapat menjalankan game dan aplikasi livestream di perangkat tersebut tanpa kendala. jika kamu memiliki perangkat dibawah standard untuk melakukan livestream game maka jelas saja hasilnya akan tetap jelek meskipun kamu menggunakan akses kecepatan jaringan 20Mbps atau lebih. 

3. Pengaturan aplikasi livestream belum maksimal

ini merupakan hal sepele, namun sangat mempengaruhi kualitas output dari tayangan livestream tentunya. biasanya aplikasi livestream apapun itu awalnya akan ter-setup standard. kamu harus melakukan setelan tambahan sesuai dengan kemapuan perangkatmu untuk mendapatkan hasil yang lebih. disini saya tidak bisa menjelaskan secara spesifik karena aplikasi livestreaming itu ada banyak. selain itu saya juga tidak bisa memastikan kalian livestreamingnya menggunakan PC atau Handphone.

jadi itulah hal yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memulai livestreaming game kesayanganmu agar kamu bisa mendapatkan hasil output yang bagus. no nge-lag no buram, dan no patah-patah dijaringan minimal 10 Mbps.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar