Cara Meminjam barang pakai bahasa Inggris

meminjam sesuatu pakai bahasa Inggris
meminjam barang pakai bahasa Inggris

Halo sobat Abc, pada topik ini kalian akan menemukan materi tentang bagaimana cara meminta sesuatu kepada orang lain menggunakan bahasa Inggris. Materi ini akan terkhususkan pada bagaimana cara meminjam sesuatu barang kepada orang lain, keluarga, teman atau kerabat. Untuk itu, silahkan baca dan simak dengan baik ulasan berikut ini dan cobalah menggunakannya.

terdapat beberapa ungkapan dalam bahasa Inggris yang bisa digunakan oleh seseorang ketika hendak meminjam sesuatu kepada orang lain. namun disini saya akan coba untuk memberikan materi yang mudah diingat dan dikuasai, setidaknya untuk percakapan ringan. ya bisa dibilang lumayanlah biar bisa kelihatan punya skill berbicara. Dalam meminjam barang menggunakan bahasa Inggris ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui yaitu kesopanan dan kondisi. Berikut ini contoh penggunaan kalimat yang tepat 
Menggunakan may (bolehkah)

Saat meminjam sesuatu kepada orang lain, tentu saja hal ini membutuhkan persetujuan dari sipemilik barang. Untuk itu bentuk kalimatnya harus berbentuk Introgative atau kalimat bertanya. Umumnya kata yang akan digunakan adalah "maysebagai bentuk Auxiliary Verb dan kata kerja "Borrow"perhatikan contoh-contoh kalimat berikut:

May I borrow your book? (Bolehkah saya pinjam bukumu?)

May I borrow your pen? (Bolehkah saya pinjam pulpenmu?)

My I borrow your note? (Bolehkah saya pinjam catatanmu?)

May I borrow some money?(bolehkah saya pinjam sejumlah uang?)

May I borrow your cycle? (bolehkah saya pinjam sepedamu)

May I borrow your car? (bolehkah saya meminjam mobilmu)

May I borrow your phone for awhile? (bolehkah saya pinjam handphonmu sebentar saja?)

Possible response (jawaban yang mungkin)

+ Yes, you may (ya, kamu boleh)
+ Of course, you may (tentu saja, boleh)

- No, you may not (Tidak, tidak boleh)

Berikut ini contoh dialog dalam bahasa Inggris yang menerangkan bagaimana cara meminjam sesuatu dari teman

Lyla : ouch.. I forgot my pen. hi 
Ana, can you help me, pelase? May I borrow your pen please?(Ouch..nampaknya pulpen saya kelupaan. Hi Ana, bisa minta tolong ga? Bolehkah saya pinjam pulpenmu?

Ana : of course Lyla, you may borrow one. I have  blue and the balack one, which is one do you like? (Tentu saja Lyla, kamu boleh meminjamnya. Saya punya dua nih, yang biru (tinta) dan hitam. Kamu mau yang mana?

Lyla : I choose the black one please. thanks Ana, you are my kind hearted friend. (Saya mau yang hitam aja. Terima kasih ana. Kau memang temanku yang berhati mulia)

Ana: ok, here it is. dont' mention it. (Ok..Ini dia. Biasa ajalah).

Menggunakan auxilary verb serupa untuk meminjam sesuatu


Untuk meminjam barang kepada orang lain kalian tidak harus selamanya menggunakan may. Kalian juga dapat menggunakan "Can" atau "Could" sebagai kata kerja bantu. Misalnya

Can I borrow your book? (Bolehkah saya pinjam bukumu)

Could I use this table? (bolehkah saya pinjam meja ini?)

Hal yang perlu di ingat, gunakan kedua kata kerja bantu "can" atau "could" ini pada orang yang cukup familiar dengan kalian saat meminjam barang. Misalnya teman sekelas, atau teman dekat. Can dan Could jika digunakan dalam hal ini akan bermakna kurang enak dan dianggap tidak sopan meskipun tidak ada perbedaan arti dengan kata kerja bantu "may". Can bisa bermakna agak memaksa, sedangkan "could" lebih cenderung ke hasil yang mustahil.  Ilustrasinya mungkin akan seperti ini

(1).(May) boleh pinjam bukunya?
(2).(Can) pinjam dulu bukunya ya?
(3).(Could) pinjam bukunya, kalau boleh sih?

Nah, pahamkan ilustrasi yang saya berikan diatas? Kalimat 1 kita anggap saja pakai kerja bantu may. Kalimat ini menunjukkan kesediaan pemilik barang atau sesuatu sebelum menerima keputusan dibolehkan atau tidak. Dan dari kemungkinan ini, si peminjam tidak akan kecewa dengan jawaban apapun yang diberikan oleh si pemilik barang. Kalimat 2 menunjukkan jelas, tidak adanya pilihan bagi si pemilik barang selain mengatakan kata boleh, iya, atau silahkan. Yang jelas pemilik tidak diperbolehkan bilang tidak. Kalimat 3 akan menegaskan bahwa, si peminjam barang yakin dengan jawaban yang akan di dapatkannya dari si pemilik yaitu tidak boleh, tidak yang intinya penolakan. Hal ini dikarenakan kondisi si pemilik katakan saja rada pelit mungkin, atau memang tidak begitu familiar sehingga peminjam tidak merasa yakin dengan permohonannya. namun semuanya tergantung dengan kondisi.

Bagaimana sangat mudah, bukan? Okey sobat, cukup sekian cara meminjam sesuatu dari teman menggunakan bahasa Inggris. Semoga bermanfaat dan enjoy learning!

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar