6 bentuk Noun Phrase


Bentuk Noun Phrase
Bentuk Noun Phrase

Halo sobat Abc, bagaimana progress kalian selama mengikuti pembelajaran bahasa Inggris? Pertanyaan ini terkhususkan buat siapa saja diantara kalian yang sedang aktif belajar dan sudah menajdi pembaca setia situs blog ini. Entahkah sedang mengikuti kursus dimanapun berada atau sedang giat dengan tugas semesternya buat yang lagi aktif kuliah atau kalian yang lagi sibuk belajar mandiri dirumah. Saya doakan semoga perjalanan kalian dilancarkan dan dimudahkan, agar apa yang kalian cita-citakan secepatnya tercapai.  

By the way guys, we are going to learn about Noun phrase. Ada yang tahu apa itu Noun Phrase? Ya, Noun Phrase merupakan frasa kata benda. Dimana frasa kata ini terdiri dari beberapa konstituen dengan satu kata benda utama yang membentuk makna baru. Noun Phrase juga bisa menjadi penentu atau penjelas dari keberadaan benda tersebut. jadi dengan adanya penambahan beberapa kata pada kata benda utama ini akan merubah kejelasan makna dari kata tersebut.Tentu saja, pada tahap ini saya hanya akan menjelaskan bagaimana frasa kata benda dalam bentuk sederhana. Sebab Noun Phrase sendiri memiliki beberapa bentuk hingga kelas komplex. Jadi kita akan mempelajarinya secara bertahap dulu. Mari kita lihat bagaimana pembentukan sederhana dari noun phrase ini pada ulasan-ulasan berikut

Pembentukan Noun Phrase (Simple)

Noun phrase bisa terdiri dari 5 bentuk susunan berikut:

1. Definite/Indefinite article + Noun

Ini merupakan bentuk sederhana yang banyak termuat dalam tulisan maupun percakapan bahasa Inggris sehari-hari misalnya
 
The money (Uang)
the bank  (Bank)
The book (Buku)
An Apple (sebuah buku)
The table (Meja)
A man (seorang pria)
The box (kotak)
The House (Rumah)
The Telephon (Telepon)
The Kid (Bocah)
A Monkey (monyet)
The Hero (Jagoan/Pahlawan)
The Car (Mobil)

2. Definite/Indefinite Article + Adjective + Noun

The black pen (pulpen hitam)
The great man (pria yang tangguh)
The little boy (anak kecil)
A small fish (seekor ikan kecil)
A bad friend (seorang teman yang buruk)


Janngan lupa, demonstrative pronoun digunakan sebagai kata ganti penunjuk benda. Silahkan baca penggunaan this, that, these, dan those)

These books (buku-buku ini)
Those students (siswa-siswa itu)
This apple (apel ini)
That pen (pulpen itu)

4. Noun + Noun (separated compound Noun)

Full moon (bulan purnama)
Englsh Club (klub bahasa Inggris)
Bed room (kamar tidur)
Fire engine (pemadam kebakaran)
Rain coat (jas hujan)

5. Verb + Ing + Noun (Gerund + Noun)

Washing machine (mesin cuci)
Learning english (belajar Bahasa Inggris)
Amazing book (buku luar biasa)
Swimming pool (kolam renang)

Kedudukan Noun Phrase dalam Kalimat

NOUN PHRASE atau biasanya disingkat NP. Jika kalian sering membaca buku tata Bahasa Inggris buatan para liguist (ahli bahasa) atau Syntaxis Bahasa Inggris (bagi yang Mahasiswa kenal betul dengan Program Studi Syntax ini) tentunya istilah ini bukanlah hal yang asing. Jadi tidak perlu bertanya lagi, apa itu NP. Sobat abc, Noun phrase ini memilki kedudukan dalam sebuah kalimat yaitu berperan sebagai Unsur subject dan object dalam sebuah kalimat. Perhatikan susunan pola kalimat berikut ini

(1) The man frightened the dog (orang itu menakuti anjing itu)

(2) Rita is a kind friend (Rita adalah seorang teman yang baik)

Dapatkah kalian menyusun setiap konstituen pada kaliamt diatas?  Sangat gampang alias mudah ya sobat. Perhatikan kalimat (1) jumlah NP dalam kalimat tersebut ada dua yaitu The man berfungsi sebagai subject dan The dog sebagai Object. Bagaimana dengan kalimat (2), berapa jumlah NP dalam kalimat tersebut? Silahkan coba dijawab sendiri. Yang sudah paham paati mudah. Yang belum paham? Yah, saya hanya bisa berdoa semoga kalian secepatnya dipahamkan.

Jadi jelaskan, bagaimana pembentukan Noun Phrase itu dan apa fungsinya. Intinya noun phrase itu bisa dibentuk menggunakan 5 pola yang telah saya kemukakan diatas, sedangkan fungsinya sendiri hanya ada 2 yaitu sebagai subject atau object dalam kalimat. Apa cuma itu ? Iya, tidak ada lagi fungsi NP selain kedua hal itu. Kalau mengarah pada sesuatu itu sudah bukan NP lagi bisa saja PP. Apa itu PP? Nantilah.. saya akan bahas itu pada kesempatan lain. Okey terimakasih sudah membaca, semoga artikel ini bermanfaat. Enjoy learning!

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar