Relative Pronoun sebagai object


relative pronoun as object

Hallo sobat Abc, kali ini saya akan membahas lagi soal relative pronoun. Yah masih seputaran adjective clause lagi nih. Sebelumnya saya juga sudah menerbitkan beberapa artikel terkait dengan relative pronoun yakni relative pronoun sebagai subject dan fungsi dari relative pronouns. Saya menyarankan kalian untuk membacanya karena materi-materi tersebut saling melengkapi satu sama lain. Bisa dibilang satu rangkaianlah. Saya berharap juga kalian membaca beberapa artikel lain terkait pembentukan kalimat atau sentences. Jika sulit menemukannya silahkan pergi kebagian footer/paling akhir situs blog ini lalu pilih label sentences. Disana kalian akan menemukan beberapa materi terkait sentences. 

Topik ini sebenarnya hanya bagian kecil dari fungsi relative pronounsNamu ulasannya akan sedikit panjang karena relative pronouns yang menempati posisi pengganti object sedikit lebih banyak dibandingkan yang menggantikan subject. Relative pronouns yang menggantikan posisi objective pronoun itu terdiri dari who, whom, which dan that. Hal ini terlihat lebih, sebab ada beberapa relative pronoun yang mempunyai fungsi ganda yaitu subject dan object

Pronoun yang berperan sebagai object

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pronoun yang digunakan sebagai object itu terdiri dari who, whom, which dan that.

(1) The people were very nice - Independent
(1) We visited them yesterday - Adjective Clause

(2) The book was good - Independent
(2) I read it - Adjective Clause

Jika di susun kalimatnya akan jadi seperti ini

(1) The people whom/*who/that we visited yesterday were very nice.(seseorang yang kita temui tadi malam adalah orang yang menyenangkan)

(2) the book which/that I read was very good. ( Buku yang telah saya baca ternyata sangat bagus)

Trik
Sebenarnya sangat mudah sekali untuk membentuk kalimat adjective clause dengan penghubung relative objective pronouns ini. Kuncinya kalian hanya perlu fokus kepada objective pronoun. Coba perhatikan skenario pada kalimat (1) adjective clause " I read it". Karena "it" merupakan objective pronoun kata ganti benda. Maka padanan yang cocok sebagai penggantinya adalah "which atau that". Intinya cari aja objectnya dan ganti sesuai dengan relative pronoun yang cocok.

Masih ingatkan soal aturan yang membedakan antara who, whom dan which dan that? Yap, relative pronoun who dan whom hanya digunakan untuk menggantikan kata ganti orang atau binatang. Sedangkan which digunakan untuk menggantikan kata ganti benda dan "that" merupakan relative pronoun yang bisa menggantikan semuanya, baik itu subjective dan objective pronoun. Jika belum jelas, harap baca fungsi relative pronouns lagi. 

Relative Pronoun sebagai object preposition

Terkadang relative pronoun juga bisa berperan sebagai object preposition. Lihat contoh berikut

The man was very kind - Independent

I talked to him yesterday - Adjective Clause

The man to whom I talked, was very kind.
Atau 
The man whom I talked to, was very kind.

The meeting to which I went, was interesting 

I must thank from whom/who the people I got present.

Catatan:
Perbedaan whom dan who sebagai object hanya terletak pada penggunaan. Whom umumnya digunakan pada situasi yang sangat resmi. Sedangkan who bisa umumnya digunakan pada situasi nonformal atau resmi.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar