Mengenal Compound Noun, Yuk cari tahu disini

compound Noun
compound Noun

Hallo sobat abc, artikel ini akan membahas tentang Noun. Lebih spesifik pada bagian pembentukan frasa kata benda atau compound Noun. Pembahasan ini hanya sebatas pada perkenalan tentang apa itu Compound Noun dan bagaimana pembentukan katanya, mungkin tidak akan memakan banyak waktu kalian untuk membaca.  

Compound noun

Compound noun merupakan frasa kata benda yang terbentuk dari gabungan kata benda dengan konstituen kata lainnya. Compound noun ini bisa terbentuk dari gabungan konstituen adjective, verb atau bahkan dengan noun sendiri yang kemudian membentuk makna khusus. Jika masih bingung juga dengan penjelasan yang sederhana ini, maka tidak ada jalan lain selain memberikan contoh.

Bentuk-bentuk compound Noun

Bentuk compoun Noun terbagi menjadi 3, yaitu

- Single word/Solid word (kata tunggal)

Compound noun seperti ini berasal dari gabungan kata "NOUN +NOUN"  atau "NOUN + VERB misalnya kata "bedroom". Dimana kata ini terbentuk dari 2 kata yakni "Bed" dan "Room". Kedua kata ini kemudian di jadikan satu kata yang membentuk makna "Ruang Tidur". Ada banyak sekali contoh kata benda seperti ini  misalanya Homework, hometown, townhall, network, headphone, handphone facebook dan masih banyak lagi yang lain.

Separated word (kata yang terpisah)

Selain itu compound noun juga biasanya terbentuk dengan dua kata terpisah dimana kata yang mengikutinya merupakan kata yang memberikan keterangan pada kata benda utama. contohnya swimming pool, candy bar, fire engine, book club, full moon,  washing machine dan seterusnya.

Hypenated word (kata yang dipisahkan dengan tanda -)

Compound Noun dengan menggunakan tanda pemisah - (hypen). Ini bagian penting yang perlu untuk diketahui  wahai sudara-sudaraku seperjuangan😁. Ternyata selama ini saya maupun kalian, mungkin telah melakukan banyak kekeliruan dalam tatacara penulisannya. Contohnya Sister-in-law, six-pack, mother-in-law,  juga seperti pada kebanyakan nama-nama kombinasi warna yang mungkin terdengar asing bagi kalian. Saya tidak merasa untuk yang satu ini. Sebab saya sudah menghafal banyak kode-kode warna HTML 🤣.  seperti blue-gren, dark-red,  light- pink, Cyan-blue,  dan seterusnya.  

Nah seperti yang terlihat, tidak banyak hal yang dapat saya jabarkan mengenai compound Noun ini melainkan sekedar menampilkan identitas mereka atau ciri-cirinya saja. Makanya saya sangat senang dengan materi Noun ini. Tingkat kesulitan yang berarti hanyalah menghafalkan dan menggunakan setiap kata yang telah dikuasai.Tapi minimal sudah bisa mengidentifikasi konstituennya itu sudah cukup memudahkan kita mengelompokkan jenis kata atau konstituen kata yang ada. Saya rasa cukup demikian. Terimakasih sudah membaca, enjoy learning!.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar