Kiat belajar belajar Bahasa Inggris Mandiri (otodidak)


belajar bahasa Inggris Mandiri
Hallo sobat Abc!, Posting lagi nih. Kayaknya saya jenuh juga membahas berbagai materi bahasa Inggris terus-terusan disitus blog ini. Saya berfikir untuk sekali-kalilah membahas seuatu topik yang membangun semangat sobat sekalian baik berupa saran maupun tips-tips belajar biar semangatnya ga kendor. Tentunya sobat-sobat Abc sekalian harus punya daya semangat juang yang tinggi yang terus-menerus di perbarui biar ilmunya makin hari makin banyak dan ga mudah tumbang. "bahasa Inggris susah ah", itu kalimat orang yang gampang nyerah. Saya tidak membantah bahwa pelajaran bahasa Inggris itu susah. Juga bukan hal  yang mustahil kalau setiap orang itu bisa berbahasa Inggris, bukan?

Back to the point my bro and sist,  kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit tips belajar bahasa Inggris Mandiri alias otodidak. Otodidak yang saya maksudkan disini bukan otodidak ala anak wibu yang suka mengurung diri, malainkan tekhnik mempelajari bagaimana cara belajar bahasa Inggris. Ya saya akan bilang seperti itu "belajar bagaimana cara belajar ". So penerapan pembelajaran ini bisa ke dua hal yang menyangkut keterampilan bahasa yaitu speaking atau writing. 

Saya harus mulai dari mana?

Bagi kalian yang berniat belajar bahasa Inggris secara mandiri sebaiknya mengawali pembelajaran yang paling mudah dulu. Apa saja pembelajaran yang paling mudah dalam bahasa Inggris? Ada beberapa hal yang paling mudah untuk di pelajari seperti mengenal abjad bahasa Inggris, menghafalkan nama hari dan bulan, menghitung bilangan, memperkanalkan diri dan atau orang lain. Dari hal-hal yang saya sebutkan tadi kalian sudah berada dimana? Paling tidak kalian harus bisa melafalkan abjad bahasa Inggris dengan baik atau menyebutkan nama-nama hari dan bulan dengan fasih. Semua hal itu bisa dipelajari dengan mudah hanya dengan duduk diam dirumah tanpa harus mengikuti kursusan leguler. Kalian hanya membutuhkan kuota internet untuk sekedar membuka youtube atau situs blog dan mempelajarinya dari sana. Saat ini ada banyak teman-teman pejuang pendidikan diluar sana yang membuka akses belajar gratis baik melaui channel youtube meraka maupun situs blog seperti situs blog ini.

Penerapannya gimana?

Ini dia salah satu kendala dalam belajar bahasa Inggris mandiri yaitu wadah untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan. Tidak seperti mengikuti kursus reguler yang sistem pembelajarannya terpantau juga memiliki wadah khusus untuk menyalurkan pengetahuan mereka dengan baik. Bahkan saya pribadi sangat mengaharapkan kalian bisa mengikuti kursus bahasa Inggris yang ada di kota kalian. Hasilnya bisa jauh lebih baik lho, sebab disana kalian bisa bertemu dan berteman dengan orang-orang yang memilki visi dan misi yang sama. Selain itu kalian bisa berbagi dan bertukar pengalaman belajar antar sesama teman. Kalian bisa membuat kelompok atau regu belajar dan membahas sesuatu sembari menerapkan beberapa keterampilan berbicara (speaking) bukankah hal ini menyenangkan?

Bagi yang tetap dengan piilhannya untuk belajar secara mandiri juga tidak masalah. Tapi jelas aja tidak bisa dibandingkan dengan mereka yang belajar dengan giat dan berkembang ditempat kursusan. Bagi yang belajar secara mandiri juga bisa mendapatkan wadah untuk mengaplikasikan ilmunya. Tinggal mamkasimalkan upaya untuk mau berbuat. Berikut ini saya akan rekomendasikan beberapa tempat yang bisa kalian gunakan untuk menerapkan pengetahuan bahasa Inggris yang kalian punya.

English Club Meeting

Bergabunglah dengan komunitas pelajar ini, dimanapun berada. English Club meeting adalah suatu komunitas yang biasanya dibuat oleh sekelompok besar mahasiswa bahasa Inggris universitas atau sekolah tinggi di daerahmu. Komunitas ini biasanya menerima semua pelajar dari tingkat manapun untuk ikut bergabung dalam kegiatan mereka. Biasanya mereka mengadakan kegiatan untuk membahas sesuatu hal guna melatih kemampuan dan keterampilan berbahasa Inggris. Ada banyak sekali kegiatan mereka yang bisa mendukung peningkatan keterampilan berbahasa Inggrismu khususnya speaking. Carilah info mengenai komunitas ini. Kalian bisa bertanya kepada seorang mahasiswa kenalanmu guna mendapatkan dukungan minimal seorang dari komunitas tersebut. Jangan khawatir soal pendanaan, meskipun kegiatan tersebut membutuhkan dana tapi bisa dibilang jumlahnya kecil bahkan tidak sebanding dengan uang sakumu dalam sebulan. Kamu bisa berpartisipasi dengan donasi seadanya, tergantung dari kesepakatan mereka. Biasanya dana tersebut digunakan untuk keperluan komunitas jadi kalian juga akan merasakan manfaat langsung dari sumbangsihmu. So ga usah khawatir.

English Saturday Night (English Satnight)

Nah kegiatan ini biasanya diadakan secara khusus oleh sekelompok pelajar bahasa Inggris. Hal ini juga merupakan bagian atau program dari English Club Meeting. Biasanya mereka mengadakan pertemuan di tempat-tempat berbeda (sesuai dengan kesepakatan) entahkah sebuah kafe atau bahkan taman kota sekalipun lalu menerapkan sebuah sistem English Area. Didalam area yang mereka klaim sebagai Area khusus ini, setiap pelajar diwajibkan untuk menggunakan bahasa Inggris. Biasanya akan dikenakan denda bagi pelajar yang ketahuan melanggar aturan. Dendanya mungkin seperti membayar makanan atau minuman pelajar lain secara random tergantung dari keputusan instruktur area tersebut. Tapi ga usah takut kehabisan, kalian bisa mendapatkan sejuta manfaat dari kegiatan ini dan bisa menerapkan pengetahuan kalian tentunya. 


English Camp

Ini merupakan kegiatan akhir semester para mahasiswa bahasa Inggris yang biasanya terbuka untuk di ikuti oleh masyarakat umum. Ini bisa menjadi salah satu wadah untuk menerapkan ilmu bahasa Inggris yang kalian punya. Perkemahan bahasa Inggris biasanya akan di ikuti oleh banyak gabungan pelajar dari berbagai kelas. Termasuk pelajar otodidak yang ingin lebih berkembang dan mendapatkan banyak teman dan pengalaman. Jangan ragu untuk mengeluarkan sejumlah uang untuk kegiatan ini. Karena dijamin kegiatan ini tidak akan membuatmu menyesal.

Aktif bersosialisasi di sosial media dan forum

Yang saya maksud bukan hanya sekedar update status di wall facebook pribadi, tapi aktif dalam sebuah forum atau group yang berisikan para pelajar didalamnya. Ini bisa mengembangkan keterampilan menulis dan meningkatkan wawasan kalian. Carilah partner di group tersebut yang kalian percaya dan punya skill yang bagus dalam speaking. Jika perlu bertemanlah dengan beberap native, sesekali mintalah mereka untuk melakukan percakapan secara langsung dengan membahas sesuatu hal. Kamu juga bisa mengajak mereka untuk melakukan konferensi kalau kamu sudah punya cukup nyali berbicara dengan orang asing. Kegiatan ini bisa sangat membantumu dalam mengembangkan kemampuanmu secara signifikan. 

Siapkan peralatan yang dibutuhkan dirumah

Meskipun kalian bukanlah seorang pelajar Universitas atau Kursusan pada umumnya, tapi kalian wajib menyiapkan beberapa alat belajar yang dibutuhkan seperti layaknya seorang pelajar bahasa Asing. Tentu saja kamu membutuhkan beberapa peralatan seperti kamus oxford baik dalam bentuk pocket maupun kitabnya😁. Sebuah white atau blackboard yang bisa kamu pajang di kamar, tujuannya untuk menuliskan istilah atau kosakata yang bisa kalian update setiap hari. Dan tentunya buku-buku pendukung baik berupa grammar atau apapun itu, yang jelas bisa membantu kalian menemukan berbagai macam referensi. Intinya siapkan saja beberapa hal yang bisa mendukung kalian untuk terus belajar tanpa batas. 

Sering-seringlah berkunjung ke situs blog ini

Meskipun ga begitu penting, tapi situs blog english is abc adalah satu-satunya situs blog belajar Bahasa Inggris gratis yang paling aktif, yang dikelola oleh seorang pelajar juga sama seperti kalian. Selamat belajar, semoga artikel ini bisa bermanfaat. 

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar