Jenis-jenis kata benda (NOUN) bahasa Inggris


Jenis-jenis kata benda (Noun) bahasa Inggris

Hallo sobat Abc, kali ini saya akan mencoba membahas satu topik lagi soal kata Benda. Setelah sebelumnya saya telah membahas tentang Bentuk-bentuk kata benda dalam Bahasa Inggris, sekarang saya akan melengkapinya dengan topik yang satu ini biar lengkap. Okey! Topik yang akan saya bahas kali ini yaitu tentang jenis-jenis kata benda.

Jenis-jenis kata benda (Noun)

Jangan sampai salah lagi ya sob dalam membedakan antara jenis dan bentuk benda. Sebab antara keduanya memang hampir-hampir mirip sekali dan kadang tertukar. Well sob, kata benda berdasarkan jenisnya dalam tata bahasa Inggris terbagi menjadi 2, yaitu Uncountable dan Countable Noun. Tentu saja kedua hal ini bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi kalian bukan? Selanjutnya mari kita lihat seperti apa ciri khas dari kedua jenis kata benda ini.

Uncountable Noun

Uncountable Noun atau Non-Count Noun merupakan kata benda yang tidak dapat dihitung atau tidak dapat dinyatakan dengan jumlah. Kata ini umumnya berasal dari kata benda berbentuk material (Material Noun). Seperti sand (pasir) oil (minyak), water (air), butter (mentega), rice (beras), information (informasi), language (bahasa) dan masih banyak lagi lainnya.

Iyakan, siapa yang bisa menghitung pasir? Siapa yang bisa menghitung minyak? Siapa yang menghtiung jumlah beras dalam sebuah wadah? Jangan bertanya balik padaku ya. Penggunaan uncountable noun juga sebaiknya diperhatikan, berikut ini cara perhatikan cara menggunakan kata benda tak terhitung ini kedalam kalimat

1. Kata benda tak terhitung selalu dinyatakan dalam bentuk tunggal. 

(1) These are all some information we need (itulah beberapa informasi yang kami butuhkan)

(2) These are all some informations we need

Perhatikan perbedaan kalimat diatas, saya memang sengaja mengambil kata information ini sebagai contoh. karena masih banyak pelajar yang salah menggunakannya. Sekarang yang manakah kalimat yang benar (1) atau (2). Yeap, kalimat (1) adalah yang benar dan kalimat (2) adalah yang keliru. Kata information tidak seharusnya dinyatakan dalam bentuk plural (es/s), karena kata ini termasuk bentuk uncountable noun. Perhatikan lagi contoh berikut

I can speak many languages (saya dapat berbicara dalam banyak bahasa)

I can sepeak some language 

Yang manakah kalimat yang keliru? Ingat! Penggunaan kata yang menerangkan jumlah haruslah disesuaikan dengan jenisnya. Penjelasan berikut ini akan menerangkan penjelasan terkait

2. Uncountable Noun dapat dinyatakan dengan keterangan quantitas (expression of quantity) seperti some, any, a little, much, a lot, lots, most, dan all. Contohnya

give me some sugar, please! (Tolong berikan aku sedikit gula)

This machine needs a lot of oil. (Mesin ini membutuhkan banyak minyak)

3. Uncountable noun tidak bisa digunakan dengan indefinite article a/an secara langsung seperti berikut

I got an information for you (saya punya sebuah informasi untukmu)

Lagi-lagi kata information yang disalah gunakan. Saya sudah kerap kali menemukan hal ini dan berkali-kali membenarkannya. Setelah saya check, ternyata penggunaan kata information ini memang telah menjadi kesalahan umum yang bahkan para pelajar negara asing juga melakukannya, heran deh!.

Indefinite article sebenarnya bisa digunakan untuk menyatakan jumlah dari uncountable noun ini, tapi harus diawali dengan satuan hitung lainnya (quantifiers) perhatikan berikut ini

a slice of met (seiris daging)
a glass of milk (segelas susu)
a bottle of oil a bottle of oil (sebotol minyak)

Countable Noun

Ini dia lawan dari uncountable noun. Countable Noun dapat kita bahasakan sebagai kata benda terhitung atau dapat dihitung. Kata benda ini dapat dihitung secara individual dan dapat dijumlahkan. Countable Noun umumnya berasal dari kata benda common dan collective noun. Contohnya book (buku), table (meja), bag (tas) dan masih ada begitu banyak lagi yang ga mungkin saya tuliskan semuanya🤔. 

Countable Noun dapat dibedakan menjadi 2 bagian lagi yakni tunggal (singular) dan jamak (Plural). 

One book (singular)
Two books (plural)
Each book (singular)
Every book (singular)

perhatikan juga beberapa aturan penggunaan countable noun berikut:
1. Countable noun dapat diikuti oleh indefinite article a/an secara langsung. Perhatikan contoh berikut:

a box ..(sebuah kotak)
a pen..(sebuah pulpen)
a book.. (sebuah buku)
a table.. (sebuah meja)
an apple.. (sebuah apel)

2. Countable noun dapat dinyatakan menggunakan keterangan kuantitas (expression of quantity) seperti one, both, each, every, a couple, a number of, many, some, any, a lot, lots, most, dan all.

All of my books are on the table (semua buku-buku saya berada diatas meja)

Every blogger is a writter (setiap blogger adalah seorang penulis)

3. Penambahan akhiran -es/-s pada setiap kata jamak (plural).

The boxes are contained many apples (kotak-kotak itu memuat banyak buah apel)

there are some apples on the desk (ada beberapa buah apel didalam laci)

Ingat! Kata kerja juga seharusnya menyesuaikan dengan jumlah bendanya. Kata benda singular harus bertemu langsung dengan kata kerja singular. Seperti contoh berikut:

The bike needs repairing (sepeda tersebut perlu diperbaiki)

Ok saya cukupkan disini dulu. Saya sudah ga tahu lagi harus memasukkan apa lagi. Saat ini saya sedang melakukan beberapa pengecekan manual disetiap halaman situs blog ini untuk memperbaiki setiap kesalahan yang ada. Untuk itu saya meminta kesediaan sobatku sekalian kiranya dapat menginfokan adanya artikel yang bermasalah baik dalam konten maupun ketidak sesuaian isi materi. Terima kasih sudah membaca.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar