Cara menggunakan Cardinal dan Ordinal Numbers bahasa Inggris



Hallo sobat learners sekalian! Kali ini saya akan membahas tentang angka dalam bahasa Inggris. Atau istilah kerennya yakni The Numbers. Khusus untuk pembahasan ini saya telah membatasi ruang lingkup bahasannya biar ga terlalu luas. Untuk topik the numbers hanya berfokus pada tingkatan dan urutan saja. Mungkin pembahasan ini agak sedikit receh dan terlihat ga ada apa-apanya. Tapi benarkah demikian? Eits tunggu dulu, angka berdasarkan tingkatan dan urutannya dalam gramatika bahasa Inggris itu memang ga sepenting the eight parts of speech, tapi ada beberapa hal yang ga boleh dilewatkan dalam penulisan maupun penyebutannya. 

Tidak seperti penyebutan angka dalam bahasa Indonesia yang dapat ditulis dan disebutkan dengan mudah. Angka berdasarkan tingkatan dan urutan bahasa Inggris sangat terikat kuat dengan aturan. Mari kita lihat bagaimana perbedaan antara keduanya.

(1) Ani menempati peringkat pertama
(2) Ani menempati peringakat ke 1
(3) Ani got the first rank
(4) Ani got the rank 1

Cobalah untuk membandingkan perbedaan ke empat kalimat diatas dengan teliti. Dimana letak kerancuannya? Kalimat (1) dan (2) adalah kalimat dengan bahasa Indonesia yang menjelaskan soal peringkat seseorang. Dalam bahasa Indonesia kedua kalimat tersebut adalah benar. Ketika kalian mengatakan "saya peringkat pertama atau saya peringkat ke satu" maka kedua ungkapan itu adalah wajar. Ga akan ada orang yang protes tentang kalimat yang disebutkan tadi. Sekarang mari kita bandingkan dengan kalimat (3) dan (4) yang keduanya berbahasa Inggris. Apakah ada yang terlihat aneh diantara salah satunya? Ya, benar sekali. Kalimat (4) akan terasa lain.  Bukan soal susunannya tapi memang istilah semacam ini ga ada pada native. Karena penyebutan urutan dalam bahasa Inggris yang menyatakan peringkat akan menggunakan Ordinal Numbers. Kalimat (3) adalah yang benar dan layak digunakan.Nah sudah cukup jelas bukan? Bagaimana aturan yang mengikat antara kedua bahasa.

Cardinal dan Ordinal Numbers

Dalam bahasa Inggris penyebutan Angka dibagi menjadi 2 jenis yaitu Cardinal dan Ordinal Numbers. Mari kita lihat bagaimana penampakan kedua jenis Angka ini


CARDINAL NUMBERS ORDINAL NUMBERS
One First
Two Second
Three Third
Four Fourth
Five Fifth
Six Sixth
Seven Seventh
Eight Eighth
Nine Ninth
Ten Tenth
Sixteen Sixteenth
Twenty - One Twenty - First

Penggunaan Cardinal dan Ordinal Numbers

Ada beberapa perbedaan yang terdapat dari kedua jenis angka ini berdasarkan kegunaannya. Perhatikan penggunaan cardinal dan ordinal berikut:

Cardinal Numbers

Cardinal numbers di gunakan untuk menyebutkan banyaknya jumlah benda,:

There are 10 apples on the table (ada 10 buah apel diatas meja)

This room can be contained 200 of childrens (ruangan ini mampu menampung 200 orang anak-anak) 

Digunakan untuk menyebutkan angka bilangan pada waktu (jam):

It is 5 O'clock now (sekarang jam 5)

15 minutes to 7 (seperempat lagi jam 7)

Digunakan untuk menyebutkan angka dalam penanggalan :

In 2030, hologram technology will be applied on smarphone. (Pada 2030, teknologi hologram akan diterapkan pada perangkat smartphone)

The independent day of Indonesian is 17 August 1945. (Hari kemerdekaan negara Indonesia adalah tanggal 17 Agustus 1945.)

Ordinal Numbers

Ordinal Numbers dapat digunakan untuk menyatakan posisi atau kedudukan atau peringkat.

In the second day, I just tried to eat many kinds of roots and some water (hari kedua, saya mencoba memakan berbagai macam akar-akaran dan sedikit air)

I want to be the first one who overcomes the last stage problems (Saya ingin menjadi orang pertama yang menyelesaikan tantangan-tantangan di stage akhir)

Biasanya ordinal numbers jika dituliskan kedalam bentuk angka, maka kedua huruf terakhir dari nama angka tersebut akan disematkan seperti  1st, 2nd, 3rd, 4th, etc... Ini menandakan adanya urutan atau daftar. Dalam bahasa Indonesia kita menyebutkan ini pertama, kedua, ketiga, keempat dan seterusnya.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar