Bentuk-bentuk kata Benda (NOUN) bahasa Inggris - Grammar


The Noun Forms

Hallo sobat Abc!, Saya merasa sudah malang melintang bolak-balik nulis ini itu diblog yang tercinta ini. Ternyata setelah di check dengan teliti, saya malah kehilangan unsur penting dari Tata Bahasa. Saya akhirnya sadar setelah menelusuri halaman situs blog ini dan benar, tidak ada satupun label yang merujuk kepada kata benda (Noun). Padahal ini merupakan yang paling dasar, paling enak untuk dipelajari dan paling penting untuk di ketahui.

So sobat abc, kali ini saya akan mencoba membahas dulu tentang kata benda (NOUN). Karena kata benda itu sendiri merupakan salah satu dari bagian the eight part of speech dalam tata bahasa Inggris, tentu saja penjelasan mengenai Noun ini akan sangat luas. Makanya saya akan coba membahasnya persub part aja biar ga bikin pusing. So sebagai awal dari pembahasan terkait Noun, saya akan memulainya dengan bentuk-bentuk kata benda yang perlu kalian tahu. Apa saja bentuk kata benda dalam tata bahasa Inggris?

Bentuk-bentuk kata benda (Nouns)

Jangan salah dalam menyebutkan antara jenis dan bentuk dari Noun ini. Sebab salah satu kesalahan yang cukup fenomenal dikalangan pelajar bahasa Inggris adalah salah dalam menyebutkan jenis dan bentuknya. Misalnya menyebutkan uncountable sebagai bentuk kata benda. Ini jelas keliru sobatku, contable dan uncountable Noun merupakan jenis dari kata benda bukan sebuah bentuk. 

Bentuk dari kata benda bermakna sebuah perwujudan atau wujudnya. Tiap- tiap kata benda memilikinya atau menyifatinya. Ketika teman kalian menyebutkan "kursi" maka tidak lain hal yang akan muncul di benakmu adalah sebuah alat yang berkaki empat dan digunakan untuk dudukan. Seperti itulah sekiranya mengenai perwujudan kata benda ini. Kata benda dalam tata bahasa Inggris terbagi menjadi 2 bentuk Abstract dan Concrete Noun.

Abstract Noun

Dilihat dari kata Abstract, kira-kira apa penafsiran kalian mengenai kata ini? Kalau kalian mengatakan abstrack itu tak berwujud seperti dikebanyakan buku, maka kalian keliru. Abstract itu menurut saya adalah sebuah wujud hanya saja sulit sekali untuk di jelaskan dengan pasti. Kita dapat mengetahuinya hanya dengan mendefinisikan sifat dari benda tersebut. Biasanya kata benda abstrak ini merupakan bagian dari bentuk benda konkret atau perwujudan dari suatu aktivitas (verb) yang kemudian penyebutannya dibahasakan.

Abstract Noun sendiri dapat terbentuk dari beberapa hal yang ada pada kata Benda umum (Common Noun). Baik berupa karakteristik, emosi atau perasaan. Berikut ini contoh dari kata-kata benda Abstrak:

Characteristics Meaning
Beauty Cantik
Bravery Pemberani
Brutality Brutal
Calmnes Pendiam
Charity Dermawan
Confidence Percaya Diri
Courage Pemberani
Elegance Elegan
Sensitivity Sensitif
Patience Sabar

Emotion or Feeling Meaning
Anxiety Kegelisahan
Anger Kemarahan
Brutality Brutal
Pride Kebanggaan
Pleasure Kesenangan
Satisfaction Kepuasan
Silliness Kegilaan
Surprise Kejutan
Uncertainty Ketidak Pastian
Worry Keraguan

Nah, itu hanya sedikit contoh yang bisa saya sediakan disini. Kata benda seperti ini sangat banyak, sisanya biarlah kalian yang melanjutkan. Lagian sudah saya sediakan penjelasannya diatas terlampir contoh pula😁. Untuk contoh kalimat silahkan kreasikan aja sendiri, lagian apa susahnya membuat kalimat dengan kata tunggal semacam ini. Yang lebih penting untuk di ketahui adalah posisinya atau kedudukan kalimat. Karena kata benda Abstrak ini merupakan kata benda maka dipastikan dapat menempati posisi Subject maupun Object. Belum bisa membuat kalimat sendiri? Coba baca artikel saya sebelumnya mengenai cara membuat kalimat bahasa Inggris sederhana.

Bagaimana dengan Proper Noun?

Proper Noun atau yang dikenal juga sebagai Proper Name, yaitu kepemilikan nama dari benda. Sebenarnya kata benda yang satu ini disebutkan dalam banyak buku termasuk kedalam bentuk kata kerja konkret. Mungkin kalian juga pernah menemukannya. Bagaimana pendapatmu? Saya pribadi lebih mendukung pendapat sebagaian ahli bahasa yang memasukkan Proper Noun ini sebagai bentuk abstrak. Dengan landasan berfikir bahwa nama adalah sebuah label/pelebelan sebuah benda. Misalkan sebuah pesawat yang diberikan nama seperti Merpati, Lion Air, Garuda dan sebagainya. Bentuk pesawatnya sih nampak, tapi bentuk dari sebuah nama yang ada hanya merupakan sebuah sebutan untuk pesawat tersebut. Jadi nama sejatinya tidak berwujud melainkan sebagai lebel yang memberikan keterangan pada setiap benda agar mudah di identifikasi. Bukankah begitu ferguso?πŸ€”. Bentuk penamaan ini sangat banyak termasuk kalian nama kalian. Hehe... Contohnya Arham, Wandi, Singapura, Vietnam, Kanada, Garuda Air Lines, dan sebagainya. Sudahlah pokonya kalau mau disebutkan satu persatu pastinya repot.

Concrete Noun

Concrete Nouns adalah kata benda yang memiliki perwujudan. Dalam hal ini, perwujudan tersebut merupakan bentuk realistis yang dapat dilihat, disentuh, diraba dan diterawang.πŸ˜‚. Sorry! Saya ga suka kalau nulis serius full. Ya hrmm, kata benda konkret ini intinya punya bentuk perwujudan nyata tidak seperti pada abstract noun diatas. So sangat mudah sekali menemukan benda-benda konkret ini di ruang lingkup kehidupan kita. Kata benda konkret ini dibagi lagi kedalam 3 bagian, sobat abc sekalian yaitu

1. Common Noun

Kata benda umum? Ya, saya juga heran kanapa harus menggunakan penyebutan seluas ini. Disebut sebagai benda umum karena benda-benda ini umumnya merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Sangat mudah sekali menemukan benda-benda semacam ini. Contohnya:

Common Noun Meaning
Chair Kursi
Floor Lantai
Book Buku
Pencil Pesil
Flower Bunga
Tree Pohon
Wall Dinding
Window Jendela
Table Meja
Hat Topi


2. Collective Noun

Collective Noun merupakan kata benda sejenis yang biasanya berkelompok, sekumpulan atau group. Ingat! Sejenis atau sekelas ya, dimana dalam suatu kumpulan tersebut terdiri dari beberapa benda individual yang berkumpul. misalnya Audience (penonton), Army (Pasukan/tentara), Family Keluarga), Team (tim), Community (komunitas), Corporation (Korporasi), School (Sekolah) dan sebagainya. Collective Noun ini juga sangat mungkin berasal dari sekumpulan frasa kata benda umum misalnya

A bundle of papers (seikat kertas)
A Sheep herds (sekawanan Domba)
A bunch of articles (sekelompok artikel) 
A bundle of twigs (seikat ranting)
A group of robots (sekelompok robot)

Tentunya masih banyak lagi. Intinya hanya mengelompokkan beberapa jenis benda yang sama atau sejenis kemudian secara sengaja dikelompokkan. Frasa ini biasanya akan di awali dengan definite article A/An.
Kok bisa ya padahal bendanya kan banyak?
Iya, itulah fungsi dari definite article a/an. Bisa menyatukan sesuatu hal yang sejenis jadi ga perlu repot harus menyebutkanya secara individual. Meskipun jumlah dalam satu kelompok tersebut ada banyak tapi kalau dikelompkkan tetap aja satu. Kebayang ga, kalau misalkan menyebutkan sapu lidi satu persatu. Misalkan tolong ambilkan lidi 1, lidi 2, lidi 3 dan seterusnya, Kan repot. 

3. Material Noun

Material Noun adalah kata benda berbentuk zat atau hasil dari pengolahan sesuatu yang akhirnya berbentuk benda lain, baik secara buatan maupun alamiah. Contohnya Gold, Silver, Gasoline, Cement, Milk, Tea, Coffee, Sugar, Iron, Rubber, Mud, Sand, Sulphur, Cloud, Frost, dan sebagainya. Silahkan pikirkan sendiri yang lain. 

Okey! Dengan begini saya cukupkan sudah materi tentang bentuk-bentuk kata benda. Jika terdapat kesalahan dalam penyajian materi seperti ketidak sesuaian ataupun kekurangan, mohon ditanggapi agar bisa di perbaiki sesegera mungkin guna menghadirkan sumber bacaan yang berkualitas dan mendidik. Saya menyadari bahwa saya pribadi tidak akan terlepas dari kekeliruan. 

Meskipun hanya sebuah situs gratisan, saya berharap ini situs ini bisa menjadi lahan amal jariyah bagi saya khususnya dan bisa bermanfaat untuk orang banyak pada umumnya. Maka dari itu jangan sungkan untuk berbagi melalui tombol sosmed yang ada disitus ini. Terimakasih sudah berkunjung, enjoy learning

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar