Permintaan paling sopan dalam bahasa Inggris


Kali ini kita akan mempelajari penggunaan lain dari "would + mind". Dimana ini merupakan permintaan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu hal, ya bisa dibilang untuk memerintahkan orang dengan cara yang lebih halus agar orang tersebut dengan senang hati melakukannya. Bahkan kalimat ini bisa dibilang memiliki tingkat kesopanan yang eksrtim atau sangat berkelas. Perhatikan contoh berikut

(1) Would you mind closing the window?
(2) Would you mind repeating that?
(3) Would you mind staying home?
(4) Would you mind speaking slowly?

Perhatikan bagaimana bentuk kalimat ini dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan sesuatu hal. Lihat kalimat (1), kalimat ini menegaskan "sebenarnya saya tidak ingin membebanimu, tapi sudikah sekiranya anda membuka jendela itu? Semoga ini tidak membuat anda repot.
Bentuk dari "would" dalam kalimat-kalimat diatas sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan kata "please", untuk itu tidak dibenarkan menambah kata "please" kedalam kalimat seperti ~ Would you mind closing the window please?. Ini jelas melanggar aturan dan merupakan pemborosan.

Ketika seseorang meminta kalian untuk melakukan sesuatu dengan "would you mind" maka kalian bisa memberikan respon dengan ungkapan berikut

No, I'd be happy to
Not at all, I'd be glad to

WOULD + MIND+ IF juga dapat digunakan untuk meminta dengan sopan kepada orang lain untuk membolehkan kita melakukan sesuatu hal. Disini sedikit berbeda, dimana kita sendiri yang akan melakukan sesuatu hal namun sebelumnya kita perlu mendapatkan izin atau restu dari orang lain untuk melakukannya.

- Would you mind if I closed the window?

Kalimat diatas bermakna "sudihkah anda jika saya membuka jendelanya? Semoga hal ini tidak mengganngu anda". Benar-benar kalimat yang berkelas bukan? Sedangkan untuk respon yang bisa anda gunakan berupa ungkapan-ungkapan berikut

No, not at all
No, of course not
No, that would be fine

Perlu diperhatikan juga bahwa saat kalian menggunakan "would + mind +if " kata kerja yang mengikutinya haruslah berbentuk simple past. Seperti ~ ...if I closed the window.

Nah itulah penjabaran penggunaan lain dari "would + mind dan if" dalam membuat permintaan sopan nan berkelas. Semoga ini bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar