Perbedaan Present perfect continues dan perfect tense


Bicara soal tenses, ini bukanlah hal yang mudah. Mempelajari dan menguasai beberapa tenses saja sudah merepotkan apalagi harus pandai membedakan antara tenses yang hampir mirip tapi sebenarnya tak serupa. Tentunya sebagai pelajar, dalam bahasa Inggris mengenai structure hal semacam ini kerap kali kita temui. Nah berikut ini akan dijabarkan salah satu contoh perbedaan antara present perfect continuous tense dan perfect tense. Dimana kedua tenses ini merupakan tenses yang menekankan sebuah kegiatan yang telah diselesaikan. Sebelumnya pastikan dulu kalau kalian dalam konsentrasi penuh saat membaca artikel ini sebab ini bisa saja menguras energi.

Perhatikan kedua kalimat berikut

(1) Toni has been painting his badroom
(2) Toni has painted his badroom

Kalimat (1) merupakan bentuk dari Present Continuous Tense. Dimana tenses ini menekan pada pada kegiatan yang telah dimulai sebelumnya dan sedang berlansung pada periode waktu tertentu. Tenses ini mengabaikan efek atau hasil dari sebuah aktivitas yang dilakukan dan fokus pada proses atau cara kerja suatu kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya. yang pastinya Toni telah memulai dan melakukan kegiatan yaitu mengecat kamarnya dan saat ini toni masih bekerja. Umumnya Perfect Continuous Tense ini selalu berbarengan dengan keterangan waktu yang menyebutkan periode dari kegiatan yang dilakukan. Seperti

- I have been painting my badroom for 3 hours.

Kalimat (2) merupakan bentuk dari present perfect. Dimana tenses ini akan menekankan pada hasil atau efek dari kegiatan atau aktivitas yang telah dilakukan. Yang jelas Toni telah mengecat kamarnya sampai selesai dan saat ini Toni tidak lagi mengerjakannya. Hasilnya ruang kamar Toni sudah sepenuhnya di cat sampai saat ini. Perhatikan contoh lain

- the bike has repaired

Kalimat diatas bermakna bahwa sepeda tersebut mulanya rusak kemudian telah diperbaiki dan saat ini sepedanya sudah dalam kondisi baik atau bisa digunakan. (tidak rusak lagi)

Bagaimana, mudahkan? Itulah perbedaan Kedua tenses Present perfect continuous dan perfect tense yang bisa kami suguhkan. Semoga ini bisa bermanfaat dan membantu.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar