Perbedaan Going to dan Will


Pada artikel ini kalian akan menemukan perbedaan going to dan will. Tentu saja sebelumnya kalian telah mengetahui bagaimana cara penggunaan ke dua frasa kata kerja ini. Yups! Benar sekali, going to dan will digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan yang akan dilakukan baik itu beberapa detik, menit, jam kemudian. Perhatikan contoh kalimat berikut:

- I am going to turn the light off
- I will turn the light off

Kalimat diatas memiliki arti kata yang sama yaitu seseorang akan mematikan lampu. Penggunaan going to dan will juga dianggap sah dan tidak melanggar kaidah. Lantas apa yang melatar belakangi perbedaan kedua kalimat ini? Dalam bahasa Inggris itu ada yang dikenal beda Frasa beda makna. Tentu penggunaan Going to memiliki tujuan khusus begitupun dengan will. Meskipun kedua kalimat ini memiliki arti yang sama. Mari lihat dimana letak perbedaannya

Perbedaan pada Structure

Jelas sekali pada kalimat diatas memiliki stuktur kalimat yang berbeda. Going to dibentuk menggunakan pola "present Progressive tense", sedangkan Will dibentuk dengan menggunakan pola "Future Tense". Inilah hal yang akan menguatkan pembentukan makna.

Perbedaan Makna

Kita ketahui present progressive akan bermakna lebih kuat dibandingkan Future Tense, dalam hal ini tingkat kepastiannya. Kedua kalimat diatas bermakna seseorang/manusia akan mematikan lampu yang sedang menyala. Kalau menggunakan pola "going to"maka mau tidak mau orang tersebut akan mematikan lampu dalam waktu dekat dan bukan besok. Sedangkan Kalau menggunakan "Will" kegiatan (mematikan lampu) kemungkinan akan dilakukan pada waktu dekat atau bisa saja besok. Intinya Present Progressive Tense akan membatasi waktunya (mungkin dalam waktu sehari) dan pasti ga akan keluar sampai besok. Sedangkan Future Tense memiliki cakupan waktu yang lebih jauh dibandingkan present progressive tense.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar