Menyatakan perasaan kesal menggunakan present progressive tense


Mungkin kalian pernah mengeluh dan merasa kesal pada sesuatu hal. Entahkah itu mengenai orang atau benda ataupun sesuatu hal yang bisa saja menimpa perjalanan kehidupanmu. Tapi seperti itulah hidup. by the way ya guys, kali ini kalian tidak perlu berkeluh kesah ataupun kesal sebab artikel kali ini akan membahas bagaimana cara menyatakan perasaan kesal dan keluhan menggunakan pola progressive tense. Ya tentunya, sebab disitus blog ini semua materi pelajaran yang kalian butuhkan semuanya akan mengacu pada kaidah penyusunan kalimat yang semestinya.

Present Progressive tense?

Tentu saja kalian sudah mengetahui fungsi daripada progressive tense, bukan? Yup, progressive tense atau dikenal dengan sebutan lain Present Continuous tense ini berguna untuk menyatakan suatu peristiwa atau kegiatan yang sedang berlansung saat ini.

- She is dancing and singing at the same time

Dan ini hanya merupakan kegunaan secara umum. Tahu tidak, present progressive tense juga dapat digunakan secara khusus seperti berikut

Present progressive + Always

Pola diatas dapat digunakan secara khusus untuk mengungkapkan rasa kesal. Hanya dengan menambahkan kata "always" maka tense ini akan menjadi sesuatu hal yang mengerikan. Perhatikan contoh kalimat berikut

(1) He always leaves his dirty dishes on the table

(2) He is always leaving his dirty dishes on the table

Pada kalimat (1) kalimat ini menegaskan suatu perlakuan buruk yang dilakukan secara berulang-ulang atau kebiasan buruk, kalimat ini sifatnya hanya sebagai bentuk pernyataan ~ ..always leaves his dirty ..... sedangkan pada kalimat (2) menegaskan adanya perlakuan buruk yang terus berulang. kalimat ini sifatnya mencela perbuatan tersebut dan merujuk kepada sipelaku ~ ....is always leaving his dirty. Benarkan? Bentuk progressive tense memang sangat berbahaya jika digunakan tanpa kehati-hatian. Perhatikan perbedaan contoh lainnya

(3) Ani always tries to show that she is a smart student (pernyataan)

(4) Ani is always trying to show that she is smart student (menjengkelkan)

Pada kalimat (3) menegaskan sebuah pernyataan bahwa Ani memilki kebiasaan pamer dengan kecerdasan yang dimilikinya. Sedangkan pada kalimat (4) menegaskan langsung pada perbuatan pamer yang sedang dilakukannya (oleh Ani).

Selain kata "always" beberapa kata-kata sperti "forever, constantly" juga bisa dijadikan ungkapan kekesalan dengan menggunakan bentuk present progressive tense.

- I am always/forever/constantly picking his dirty socks

Well guys! Cukup sekian dari kami mengenai cara mengungkapkan rasa kesal menggunakan pola present progressive tense, semoga bermanfaat!.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar