Menyatakan pengandaian dalam bahasa Inggris


Pada artikel kali ini kalian akab beajar bagaimana cara membuat kalimat pengandaian yang benar menggunakan bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris ada beberapa istilah yang dapat digunakan untuk membuat perandaian berdasarkan situasi dan kondisi yang dirasakan oleh si penutur. Berikut perhatikan beberapa contoh berikut ini

Menggunakan "if"

(1) if it's could tomorrow, I wil stay home
(2) if it's ruins, the streets get wet

Kalimat diatas disebut present possible condition. Dimana sebuah akibat pasti terjadi ketika Kondisinya memungkinkan. Lihat pada kalimat (1) yang menegaskan bahwa sesorang mungkin akan tetap berada dirumah jika hujan besok turun hujan. Kalimat (2) mengaskan bahwa jalan pasti basah ketika hujan turun.

Menggunakan "whether or not"

(1) I am going to go fishing whether or not it is storm
(2) I will play football tomorrow whether or not it is ruin

"Whether or not" digunakan untuk mengekspresikan sebuah ide akan tetap dilaksanakan, sebab setiap kondisi yang mungkin terjadi bukanlah masalah. Perhatikan kalimat (1) bermakna bahwa seseorang akan tetap pergi memancing tanpa menghiraukan datang dan tidaknya sebuah badai pada esok hari. Lihat juga pada kalimat (2) sesorang akan tetap bermain sepak bola walapun harus berpanas hujan sebab kedua kondisi itu bukan masalah.

Menggunakan "even if"

(1) I have decided to go swimming. Even if the weather is cold.
(2) I will come to the party. Even if rain down heavily tomorrow.

"Even if", merupakan pengandaian yang hampir sama dengan penggunaan "Wether or not" hanya saja bentuk kekuatan pengandaiannya berbeda "even if" lebih kuat. Pada kalimat (1) bermakna "apa boleh buat" seseorang akan tetap pergi berenang, meskipun cuaca dingin. Perhatikan juga kalimat (2) yang menegaskan bahwa seseorang akan berketetapan hati untuk menghadiri sebuah pesta, tak peduli besok akan turun hujan lebat. "Even if", lebih merefer kepada satu kondisi yang buruk meskipun sebenarnya besok ada kemungkinan cerah.

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengungkapkan pengandaian dalam bahasa Inggris berdasarkan kondisi yang mungkin terjadi. Semoga ini bisa bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar