Cara Menyatakan Tujuan menggunakan so that dan in order to


Salah satu hal yang sering kita ungkapkan dalam percakapan sehari-hari yaitu menyampaikan tujuan kepada orang lain. Bagaimana menyampaikan ungkapan tujuan dalam bahasa Inggris? Dalam bahasa Inggris istilah ini dikenal dengan " to express purpose". Berikut ini kita akan mempelajari bagaimana membuat kalimat yang benar dalam mengungkapkan tujuan.

Penggunaan so that dan in order to

Untuk dapat menyampaikan tujuan, kalian bisa menggunakan "so that" atau in "order to". Perhatikan kalimat berikut

(1) I want to update my device to android 9 so that I can get more the newest features

(2) I want to update my devices to android 9 in order to get more newest features.

"So that" dan "In order to" dapat diartikan ; agar, dengan tujuan, tujuannya. Kedua istilah ini juga bermakna meraih kemungkunian untuk memperoleh sesuatu. Perlu diingat bahwa tidak ada perbedaan makna antara "so that dan in order to" hanya saja penggunaan "in order to" bisa membuat susunan kalimat menjadi lebih singkat atau tanpa menggunakan susunan subjective yang berulang (lihat pada contoh kalimat 1 dan 2). Dalam percakapan sehari-hari "that" biasanya dihilangkan ~ I want to go to Ani's house so (that) I can.... Namun secara penulisan "so that" harus ditulis dengan lengkap. Hal ini dilakukan untuk mentaati aturan penulisan yang benar khusunya penulisan dalam kajian akademik.

Untuk menyatakan tujuan yang diyakini bisa atau disanggupi kalian dapat menggunakan "so that + can ", hal ini di yakini lebih kuat soal tingkat kesanggupannya dibandingkan dengan "in order to". Jadi ketika kalian menggunakan menyampaikan tujuan tanpa ragu bahwa hal itu akan berhasil kalian bisa menggunakan "so that + can" untuk lebih meyakinkan.

Present future + So that dan So that + could/would untuk menyatakan tujuan yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang (future) atau untuk menerangkan tujuan yang dicapai di masa lalu (past). Perhatikan contoh berikut

(1) I will take umbrella so that I don't get wet
(2) I cashed a check so that I could/would buy this car.

Kalimat 1 menegaskan bahwa kegiatan tersebut masih sekedar ide dan tujuannya akan tercapai di waktu yang akan datang. Sedangkan pada kalimat 2 menegaskan kegiatan tersebut telah dilakukan dan tujuannya telah tercapai.

Well guys, mungkin hanya itu yang dapat kami suguhkan tentang cara mengungkapkan tujuan menggunakan "so that dan in order to",. Kami yakin artikel ini masih kurang dan tidak bisa sepenuhnya dijadikan sebagai rujukan utama. Silahkan pelajari dan temukan lebih banyak refrensi lainnya yang bisa membuat wawasan bahasa Inggris kaliam berkembang. Kee learning...

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar