Cara meminta perhatian dalam bahasa Inggris


Meminta perhatian merupakan bagian keseharian (daily speaking) dalam berkomunikasi. biasanya guru sering menggunakan kalimat ini untuk memperbarui konsentrasi muridnya saat proses belajar mengajar sedang berlansung
"Mohon perhatiannya", atau ucapan ini seringkali digumamkan saat berada ditempat-tempat umum baik yang bersumber dari speaker ataupun penutur asli atau manusia"mohon perhatian",. Berikut ini ada beberapa istilah yang umumnya digunakan untuk meminta perhatian dalam bahasa Inggris

Attention please, (mohon perhatian)
Listen to..,(mohon dengarkan..)
Watch out (hati-hati, awas)
Watch my.. (lihatlah...)
Focus on... (Perhatikan, fokuslah pada..)
Pay attention, (perhatikanlah)
Look at.. (perhatikan..)

Berikut contoh kalimat dan penggunaannya

"Attention please dan Pay attention " kedua istilah ini sering digunakan untuk sekedar menekankan informasi penting yang akan disampaikan oleh penutur kepada penyimak.

- attention please!
- please pay attention to the next chapter
- if you want to get something better than this, you don't need to pay attention to the rules.

"Listen to.." umumnya digunakan untuk meminta perhatian penyimak secara khusus dan sifatnya memaksa apabila diikuti oleh object pertama tungal "me" dan kepemilikan "my".

- listen to me, you should not be like her
- listen to my explanation

"Listen to me", bermakna "dengarkanlah aku dan bukan yang lain", atau "hanya diriku seorang yang harus kau dengarkan bukan yang lain" begitupun dengan "Listen to my..." Untuk itu, kedua istilah ini sangat tidak dianjurkan digunakan pada lawan bicara yang umurnya lebih tua dan hanya bisa digunakan apabila derajat atau kelas yang lebih tinggi dari lawan bicara. Seperti seorang guru kepada murid atau dosen kepada mahasiswa.

"Watch out", umumnya digunakan untuk mengingatkan sesorang agar lebih memperhatikan area sekelilngnya terhadap sesuatu hal buruk/merugikan yang mungkin bisa saja menimpanya.

- watch out! Trap every where.

"Watch.. dan Look at.." Umumnya digunakan untuk menarik perhatian orang lain terhadap sesuatu hal yang dikerjakan. Biasanya cenderung ke hal-hal yang menarik. Ketika seseorang menggunakan istilah ini maka itu bermakna "perhatikanlah si ... Ada yang menarik lho"

- watch my gameplay
- watch my youtbe channel
- look at me
- look at her new phone

"Focus on" umumnya ini digunakan untuk meminta perhatian pada point tertentu terhadap sesuatu hal dengan lebih teliti. "Focus on the first paragraph", kalimat ini bermakna "cobalah perhatikan lebih teliti pada paragraf pertama".

- focus on the topic
- focus on the second line

Biasanya "Focus.." akan diikuti preposisi "to"
Perlu diketahui bahwa penggunaan "Focus on" akan selalu bertemu dengan objek langsung. "Focus on + direct object"

- focus to what Mr. Andi's said
- focus on the words please

Ok. Itulah beberapa suguhan mengenai cara meminta perhatian menggunakan bahasa Inggris.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar