penggunaan this,that, these, and those


this,that, these, those

Hallo sobat Abc, mungkin ini materi paling receh yang bisa saya bagikan lagi. Tapi saya berharap tulisan ini bisa berguna. Dimana saya akan membahas sedikit soal penggunaan this, these, that, dan those. Materi ini dijamin ga sulit, tinggal membaca memahami dan cobalah terapkan. Jika kalian pengajar, maka sebaiknya saat memberikan penjelasan sertakan juga contoh-contoh yang mudah. Misalnya dengan mununjuk benda yang berada disekitaran aja.

Penggunaan

There is dan that is merupakan kata dalam bahasa inggris yang digunakan untuk menunjukkan posisi sebuah objek tunggal (Singular Noun).There berfungsi untuk menunjukkan objek yang posisinya dekat dengan sipenutur. sedangkan That digunakan untuk menunjukkan sebuah objek yang posisinya berada jauh dari jangkauan penutur atau bahkan mungkin posisi dari benda tersebut tidak dapat dijangkau oleh sipenutur.

This is my hat (ini topiku)
This is Rini(ini Rian)
That is my pen (itu pulpenku)
That is Anton (itu Anton)

Atau bisa juga dengan memberikan kalimat tanya 

What is this? (Apakah ini?)
What is that ?(apakah itu?)

Arti kalimat yang di tujukan jelas merujuk kepada benda yang dimaksud. "Benda apakah namanya ini/itu?". Kata this dan that biasanya juga digunakan dalam penulisan yang merujuk kepada kata-kata yang telah disebutkan sebelumnya. Seperti pada contoh berikut

You need to move it back Andi, this gonna be a big problem. I do, somtehing bad will be happened. Oh.. come on man!  (Kau harus mengembalikan benda itu Andi. Ini bakalan jadi masalah besar lho. Saya yakin dengan hal ini, sesuatu yang buruk akan menimpa. Oh.. ayolah kawan).

Hei.. look at, what I have done. That so really amazing, right? (Hei,.. coba lihat, apa yang telah saya buat. Benar-benar mengagumkan bukan?)

Jika kalian selalu membaca teks berbahasa Inggris dengan level bahasa sederhana kalian akan menemukan banyak ungkapan yang menggunakan kedua kata this dan those. Atau mungkin kalian dapat melihatnya difilm. Hal ini sengaja saya tekankan kembali agar kalian saat memberikan materi tidak selalu terpaku kepada hal-hal yang kelihatan saja. Misalnya benda-benda atau apapun yang terlihat. Namun juga this dan that bisa digunakan dalam konteks penulisan.

These dan those merupakan kata dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menunjukkan objek jamak (Plural Noun). These digunakan untuk menunjukkan objek jamak yang posisinya dekat dengan sipenutur. sedangkan Those digunakan untuk menunjukkan objek jamak yang posisinya berada jauh dari jangkauan si penutur.

these are my books (ini adalah buku-bukuku)

those are my friends (itu teman-temanku)

Those are the boxes (sana kotak-kotaknya)

Distance this and that  Singular Noun
Dekat This is my book
Jauh That is my car
Distance These and Those Plurar Noun
Dekat These are my books
Jauh Those are my cars

Structure

This + to be (is) + singular noun
That +  to be (is) + singular noun

There + to be (are) +  plural noun
Those +  to be (are) + plural noun

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar