penggunaan superlative degree of comparison

superlative degree of comparison


Haloo!! Learners. Kali ini saya akan membagikan satu materi belajar lagi mengenai degree of comparison yang masih masuk dalam ruang lingkup The Adjective. Sebelumnya kita sudah mempelajari beberapa tingkat perbandingan yakni positif dan negatif dan comparatif degree of comparison bagi yang belum baca materi artikel saya sebelumnya sebaiknya langsung aja menuju ke halaman terkait. Dan disini saya akan membahas tentang superlative degree of comparison. Tingkatan ini merupakan perbandingan paling tinggi diantara kedua tingkat perbandingan sebelumnya.

Apa itu superlative degree ?

Superlative merupakan ungkapan perbandingan yang ada dalam tata bahasa Inggris, ini berfungsi untuk membandingkan tiga atau lebih orang atau pun benda yang berbeda. Seperti pada tingkat perbandingan lebih (comparative) hal ini juga berlaku untuk membedakan tingkat  kualitas atau kuantitas terhadap beberapa benda yang dibandingkan. Sebenarnya tidak harus lebih dari dua sih, hal ini dapat diartikan "paling". Dalam penggunaan bahasa kita sehari- hari kita akan menyebutkannya seperti ini; paling banyak atau paling bermutu atau paling buruk dan masih banyak lagi lainnya. Sebelum mempelajarinya lebih lanjut berikut ini adalah contoh tingkat perbandigan paling yang biasanya kita gunakan :

Andra is the tallest student of all (Andra adalah siswa paling tinggi dari semua siswa)

The busiest city in Indonesia is Jakarta, or Jakarta is the busiest city of all (kota paling sibuk di d Indonesia adalah kota jakarta, atau bisa dikatakan bahwa jakarta merupakan kota yang paling sibuk dari semua kota yang ada)

Nah selanjutnya kita akan coba mengkolaborasikan pembentukan kalimat yang menggunakan 2 tingkat perbandingan sekaligus yaitu comparatif dan superlatif. Perhatikan contoh berikut ini:

Andi is taller than Ani, both of them Budi is the tallest (Andi lebih tinggi dibandingkan Ani, dari mereka berdua Budi yang paling tinggi)

Pada kalimat diatas terdapat dua unsur tingkat perbandingan yang berbeda yaitu terdapat pada kata taller dan tallest. Bisakah kalian membedakannya? Benar sekali sobatku sekalian, tidak susah untuk mendeteksi mana comparative dan mana yang superlative degree. Kata adjective taller adalah comparative sedangkan tallest adalah superlative

Coba lihat lagi pola yang dapat digunakan untuk menyatakan perbandingan superlatif berikut ini.

The Adjective + Est.....

Contohnya:

I am the tellest student among of all (saya adalah seorang siswa paling tinggi dibandingkan dengan semua siswa)

Rian is the smarter student in the class, but Sandi is the smartest student of all (Rian adalah siswa terpandai di kelas, tetapi Sandi adalah siswa tercerdas diantara semua siswa)

The pretiest woman in the worls is Madona, or Madona is the the pritiest woman ever (wanita paling cantik di dunia ini adalah Madona, atau Madona adalah wanita paling cantik yang pernah ada)

Selain dari pola diatas, tingkat perbandingan superlatif dalam bahasa Inggris juga dapat dinyatakan dengan menggunakan pola berikut:

The most + Adjective.....

Contohnya:

The most expensive car in the world is Buggati vyron supersport (mobil paling mahal di dunia adalah Buggati Veyron Supersport)

*Ferrari is the more expensive than Zenvo ST 1 but Buggati veyron supersport is the most expensive (Ferrari lebih mahal dibandingkan Zenvo ST 1, tapi Buggati Veyron Supersport yang paling mahal).

Sama seperti penjelasan saya sebelumnya bahwa kalimat diatas menunjukkan bahwa mobil Buggati Veyron Supersport adalah mobile paling mahal diantara keduanya. Sudah pada punya mobilnya gak?
Jangankan ada, bahkan saya tidak pernah melihat mobile ini ada dirumah tetangga.

*catatan:

The more dan The most digunakan jika kata sifat (adjective)adalah terdiri dari 2 suku kata atau lebih seperti pada kata expensive yang terbagi menjadi 3 suku kata ex- pen- sive. 

Saya rasa hal ini sudah saya jelaskan sebelumnya. Pada comparative degree of comparison.
Seperti perubahan pada tiap sylable kata. 

1 suku kata

Small- smaller - smallest
Tall- taller- tallest
Big- bigger- biggest
Fast- faster- fastest
Fat- fatter -fattest

2 suku kata atau lebih

Expensive - more expensive - most expensive
Pleasant - more pleasant - most pleasant
Toughtful - more thoughtful - most toughtful
Careful - more careful- most careful
Peaceful - more peaceful - most peaceful

Ok saya rasa ga ada yang sulit untuk memahami adjective degree of comparison ini. Hal yang lebih menantang adalah menghafalkan lebih banyak kata adjective. Pastikan kalian menghafal sebanyak mungkin, apalagi bagi pelajar bahasa Inggris maka ini adalah hal yang wajib. Bagi saya pribadi "seorang mahasiswa/i bahasa Inggris universitas manapun yang malas menghafal adalah beban bagi jurusan tersebut, maka berhentilah menjadi beban didalamnya". Okey tetap semangat and enjoy learning!

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar