Mengenal istilah arah mata angin (The Point of COMPASS) dalam bahasa Inggris

Compas_ cardinal direction, intercardinal and secondary Intercardinal direction
Compass

Sudahkah kita mengenal arah mata angin? Pasti hal ini merupakan sesuatu yang mudah untuk disebutkan karena pelajaran tentang pengenalan arah mata angin telah kita temukan sebelumnya kurang lebih ketika masih duduk di bangku kelas 3 sekolah dasar.  Ya, dulu kita pernah diperkenalkan dengan 4 arah mata angin Primer yaitu Utara, Timur, Selatan, dan Barat yang kemudian diperkenalkan pada 4 arah mata angin Sekunder yaitu Timur laut, Tenggara, Barat daya dan Barat laut hingga pada 8 arah mata angin Tersier yang terdiri dari Timur timur laut, Timur menenggara, Selatan meneggara, Selatan barat daya, Barat barat daya, Barat barat laut, Utara barat laut, dan Utara timur laut.
Pastinya sebagian dari kita benar-benar memahami hal ini dan dapat menggunakan hal ini kedalam bentuk percakapan sehari-hari. Sedangkan sebagian lainnya lagi mungkin mengatakan hal ini sulit meskipun ini merupakan hal dasar yang perlu untuk diketahui, namun ketidak tahuan bukanlah faktor penghambat untuk bisa berbuat, dan hal yang kita lakukan saat ini merupakan proses ke arah untuk bisa melakukan sesuatu.  

Dalam bahasa Inggris arah disebut dengan The Point of Compass atau ilmu yang mempelajari tentang arah termasuk penunjuk arah dan arah mata angin. sama seperti kita, para penutur bahasa Inggris juga menggunakan istilah arah mata angin ini kedalam kehidupan mereka. namun dengan cara penyebutan serta istilah yang jauh dengan bangsa kita (iyalah secara kita ini dah beda negara). Orang indonesia mengenal arah Utara, Timur, Selatan, Barat dan arah mata angin lainnya begitu pun orang Asing (Inggris) mereka juga mengenal istilah ini namun dengan pengucapan yang berbeda. makanya setiap pelajar bahasa Inggris harus mengetahui istilah penyebutannya, biar ga bengong saat berbicara soal petunjuk arah kompas. Dalam bahasa Inggris arah mata angin ini memiliki istilah dan simbolnya masing-masing. Nama – nama mata angin dan simbol-simbol  dalam bahasa Inggris akan dijabarkan menggunakan tabel berikut

Cardinal direction or cardinal point
 
Indonesia Technical terms English Technical terms
Utara U North N
Timur T East E
Selatan S South S
Barat B West W

Intercardinal direction
 
Indonesia Technical terms English Technical terms
Timur laut TL North East NE
Tenggara TG South East SE
Barat Daya BD South West SW
Barat Laut BL North West NW

Secondary intercardinal direction
 
Indonesia Technical terms English Technical terms
Utara timur laut UTL North North East NNE
Timur Timur laut TTL East North East ENE
Timur Menenggara TM East South East ESE
Selatan Meneggara SM South South East SSE
Selatan barat Daya SBB South South West SSW
Barat barat Daya BBD West south West WSW
Barat barat Laut BBL West North West WNW
Utara barat Laut UBL North North West NNW

Jelas terlihat pada tabel diatas bahwa pembagian arah mata angin dalam bahasa Inggris terbagi menjadi 3 bagian yaitu cardinal direction, intercardinal direction dan secondary intercardinal direction.biar tidak sulit untuk mempelajarinya, coba hafalkan tahap demi tahap ya. dimula dengan cardinal direction dulu. saat menghafalkan ini cobalah gunakan bagian tubuh sebagai alat peraga saat setiap kali menyebutkan arah. asal jangan gunakan bibir kalian ya, "hehe". boleh menggunakan tangan telunjuk atau hadapkan badan kearah setiap kalimat yang kalian sebutkan. okey....

Catatan:
Secondary intercardinal direction jarang sekali digunakan oleh para penutur asli bahasa Inggris untuk menunjuk arah. Umumnya mereka hanya menggunakan 8 arah mata angin. Kita orang Indonesia aja yang terkadang ribet boy. ya sudah mau dikata apa.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar