pengunaan comparative degree bahasa Inggris


comparative degree of comparison
Hallo sobat learners sekalian. Kali ini saya mau ngepost lagi soal perbandingan. Ya topik ini masih soal tingkat perbandingan yang istilahnya dalam tata bahasa Inggris dikenal dengan degree of comparison. Masih sangat dekat dengan topik yang pernah saya bahas sebelumnya positive and negatif degree of comparison. Silahkan dibaca saja disana bagi yang belum. Nah yang saat ini akan dibahas agak sedikit tinggi tingkat perbandingannya karena sudah menyakut tingkat lebih. Oke! Silahkan simak aja materinya sampai selesai.

Degree of comparison 

Comparative merupakan salah satu tingkat perbandingan dalam tata bahasa Inggris. Tingkat perbandingan ini biasanya digunakan untuk menyatakan sesuatu hal yang berbeda baik itu kualitas atau kuantitas, sifat dan bentuk terhadap benda atau orang. Tingkat perbandingan ini menjelaskan tentang adanya perbedaan nilai  pada kedua benda atau orang yang dibandingkan. Seperti pada contoh kalimat berikut ini:
Ani is smarter than Andi
Kalimat di atas menerangkan bahwa adanya dua orang anak yang memiliki tingkat kecerdasan. Namun keduanya memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda dimana Ani memiliki kualitas tingkat kecerdasan yang lebih tinggi di bandingkan dengan Andi. Contoh kalimat di atas merupakan perbandingan yang menyatakan perbedaan tingkat kualitas (ter). Biasa kita menyebutnya ter-hebat, ter-populer, ter-baik, ter- kaya dan lain sebagainya. Tidak seperti perbandingan positif dan negatif yang tingkatannya agak dibawah. Ini sudah bisa dibilang naik setingkat lah.

Dalam bahasa Inggris tingkat perbandingan lebih (comparative) ini memiliki pola khusus dalam pembentukan kalimatnya. Untuk membentuk pola kalimat tingkat perbandingan  yanh lebih/ter dapat dinyatakan dengan beberapa pola berikut ini:

Adjective + er .... than….

Contoh: 

Sandy is older than Sinta
(Sandi lebih tua daripada Sinta)

Tolitoli is smaller than Makassar (Tolitoli lebih dibandingkan makassar)

Rian is taller than Wandi (Rian lebih tinggi dibandingkan wandi)

Indonesia is bigger than Japan (Indonesia lebih besar dibandingkan Jepang)

Lha, katanya pakai (ter) kalimat diatas ga ada yang pakai ter?

Yang saya maksudkan disini adalah tingkatannya. Dalam bahasa Indonesia tingkat lebih itu biasanya dinyatakan dengan kata sifat yang berawalan ter-. Saya rasa diatas penjelasannya cukup jelas. Tapi baiklah mari kita terapkan penggunaan tersebut kedalam bahasa Inggris biar lebih tambah yakin lagi. Perhatikan kalimat berikut ini

The egyptian Pyramids are the older wonders on the world. (Piramida-Piramida Mesir adalah keajaiban tertua di dunia)

Jadi bicara soal perbandingan khusunya comparative tidak selamanya diterapkan dengan harus membandingkan antara satu benda dan yang lain. Bisa juga membandingkan dengan beberapa sekaligus. Bahkan tanpa menyebutkan sesuatu hal yang dibandingkan. Kalimat diatas jelas menyebutkan sesuatu perbandingan tanpa menyebutkan yang lainnya. Tapi maknanya cukup jelas kalau "Piramida-Piramida mesir" sedang di bandingkan dengan keajaiban- keajaiban dunia yang lainnya. Okey! Pahamkan. Gitu dong!

Untuk comparative kalian juga  bisa menggunakan pola berikut

More + adjective ..... than .....

Contoh:

Nadia is more beatiful than Sari (Ndia lebih cantik dibandingkan Sari)

Fitria is more famous than Lala (Fitria lebih dekat dibandingkan Lala)

Today is more peaceful than yesterday (hari ini lebih damai dibandingkan kemarin)

Lihat lagi pola berikut ini 


Less + adjective .... then...

Contoh:

This phone is less expensive than  yours (phonsel sedikit lebih mahal dibanding dengan punyamu)

The laptop performance is less better than an old PC (kinerja laptop ini sedikit lebih baik dibandingkan dengan sebuah PC tua)

My face is less handsome than you (wajahku sedikit lebih ganteng dibandingkan wajahmu)

Penting:

untuk penggunaan pola kalimat yang menggunakan "adjective + er" dan "more + adjective" memiliki aturan khusus yang digunakan berdasarkan pada suku katanya. penambahan akhiran -er pada adjective hanya jika kata tersebut terdiri dari satu suku kata. Kecuali untuk kata sifat yang berkhiran dengan huruf -Y, seperi happy, angry,  dan bussy. Misalnya 

Nia is the happier girl than others (Nia adalah wanita yang lebih bahagia dibandingkan dengan yang lainnya)

Meskipun tergolong memiliki dua suku kata tetapi tetap menggunakan -er untuk perbandingan comparative. sedangkan untuk penambahan more di depan adjective hanya berlaku jika kata tersebut terdiri dari dua suku kata atau lebih.

pola kalimat perbandingan yang dinyatakan dengan "Less + adjective"  menjelaskan tentang perbedaan nilai yang tidak begitu tinggi  terhadap sesuatu atau biasa disebut dengan istilah "sedikit lebih." yang akan memberikan nilai intensif terhadap kata sifat (adjective) yang mengikutinya.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar