mengungkapkan kesimpulan dan penyesalan bahasa Inggris


conclusion modal auxiliary + perfect

Halo sobatku, pernahkah kalian membuat kesimpulan tentang suatu kejadian atau peristiwa yang telah lalu? Ataukah pernah menyesali suatu kejadian yang pernah dilakukan atau oleh orang lain?

Dalam kehidupan sehari- hari kita pasti berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain, baik rekan, kerabat, atau keluarga. pastinya jika kalian berbicara atau bercakap-cakap dengan orang lain, adakalanya kalian mengungkapkan suatu baik menyimpulkan ataupun mengakui suatu penyesalan akan sesuatu hal yang telah dilakukan. kalimat-kalimat yang kita ungkapkan biasanya seperti ini:
saya dihukum oleh Pak Arman karena terlambat mengukuti kelas. seharusnya saya sudah berada  di sekolah pukul 06:20 pagi. atau mungkin seperti ini  

Andri sudah berjuang mati-matian untuk masuk ke perguruan Tinggi setahun yang lalu, dia sudah belajar dengan giat. seharusnya dia bisa lulus test untuk masuk perguruan tinggi tahun ini”.
pastinya masih banyak kalimat-kalimat lainnya yang sering kita ucapkan yang berisi tentang kesimpulan ataupun sebuah penyesalan. Nah bagaimana dengan mengungkapkan kalimat-kalimat tersebut menggunakan bahasa Inggris? caranya mudah. sobatku! mari lihat bagaimana cara menggunakan ungkapan serupa menggunkan bahasa Inggris. Untuk mengungkapkan kesimpulan atau pun penyesalan dalam bahasa Inggris dapat dilakukan dengan menggunakan pola kalimat berikut:


Modals Auxiliary + Perfect

Tentu anda sudah mengenal apa itu Modals Auxiliary bukan? “Senyum sedihapa?” masih belum kenal juga dengan Modals Auxiliary. Senyum Baiklah Modals auxiliary itu adalah kata kerja bantu yang terdiri dari Can, may, Must, shall, will, could, might, should dan would. Masing -masing dari kata tersebut memiliki fungsi khusus untuk membantu kata kerja lainnya.  Dengan kata kerja bantu tersebut, kalian dapat menggunakannya untuk menyatakan ataupun mengungkapkan kesimpulan dan penyesalan. perhatikan contoh berikut ini:

Menyimpulkan kejadian atau peristiwa yang telah lampau

Cobalah gunakan pola berikut

Must + Have + Past Participle

Ani is the best and smartest student in my class, She must have studied hard. (Ani adalah siswa paling terbaik dan plaing cerdas dikelasku, dia pasti belajar dengan giat)

I prepared some meals for them, they must have delighted to learn together. (saya telah menyiapkan makanan (camilan) untuk mereka. mereka tentunya senang belajar bersama)

mengungkapkan penyesalan terhadap sesuatu hal yang telah terjadi

Ini dia pola kalimatnya

Could + Have + Past Participle

Should + Have + Past Participle

in fact, I could have passed on my last examination class because I have prepared myself before. (sebenarnya, saya bisa menyelesaikan ujian akhir sekolah karena saya telah mempersiapkan diri saya sebelumnya)

I failed in the National examination this year, I should have studied hard (saya gagal dalam ujian akhir Nasional tahun ini, seharusnya saya belajar lebih giat)

perlu diperhatikan bahwa antara penggunaan modal auxiliary Could dan Should memiliki perbedaan fungsi dalam menyatakan ungkapan penyesalan.
Modal auxiliary “Could” hanya digunakan untuk mengungkapkan penyesalan yang meniti beratkan pada kemampuan diri atau oleh orang lain. dimana kalian dapat memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu kegiatan atau tindakan tertentu tetapi hal tersebut tidak terlaksana karena sesuatu hal yang lain.
Modal auxiliary “should” digunakan untuk mengungkapkan penyesalan yang memang disebabkan oleh ketidak mampuan diri atau oleh orang lain dalam melakukan sesuatu hal. biasanya digunakan untuk mengungkapkan pencapaian-pencapaian tertentu seperti hasil ujian dan hal-hal lainnya.
Nah menurut saya pribadi materi ini tergolong mudah. Tidak dibutuhkan upaya khusus untuk memahaminya. Cukup dengan membaca dan pahami lalu diterapkan. karena materinya tergolong ringan, saya rasa ini bakalan menjadi mudah bagi kalian bukan? sekarang giliran kalaian untuk menggunakan ungkapan-ungkapan kesimpulan dan penyesalan dalam bahasa Inggris. Mari belajar dengan cara yang menyenangkan agar apa yang kalian pelajari mudah diserap oleh akal. Jangan memaksakan diri dengan menerapkan cara yang sulit dan membebani. Itu akan membuat kalian jenuh. Mungkin hanya itu pesan dari saya sesama pelajar yang bergelut dalam dunia bahasa asing. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak di form komentar biar saya tahu kalau kalian itu ada.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar