Apa itu preposition? Belajar Bahasa Inggris


Preposisi in English
preposition

apakah preposition dalam bahasa inggrs?

preposition dalam bahasa inggris berasal dari kata Pre + position yang berarti “Place Before”. dalam bahasa Indonesia ini dikenal dengan “kata depan” seperti pada kata “ di, Ke, dan pada. sama halnya dengan bahasa Inggris, kata depan menempati posisi  khusus dalam aturan tata bahasa. preposition dikatakan sebagai kata depan karena  kata yang termasuk preposisi ini datang sebelum sebuah kata lainnya, biasanya sebuah Noun(N) atau Noun Phrase (NP), Pronoun (Pn), Gerund (N.). umumnya  kata depan (preposistion) memberikan direksi/penjelas, penghubung (Conjuction), atau arti kata itu sendiri terhadap kata yang diikutinya seperti to the street,to home, to whom…for him dan masih banyak lagi yang lainnya.

berkut ini beberapa contoh kalimatnya:

I go to the school ( saya pergi kesekolah)- penjelas(direction)

to whom did you go? (dengan siapa kau pergi)- kata depan (Preposisi)

All of My friends came  but Arham (teman-temanku datang kecuali Arham) 

Kata depan (preposition) dalam bahasa Inggris dibagi ke dalam 2 bentuk kata yaitu One word preposition  dan Complex preposition. One word preposition dalam bahasa Indonesia berarti Kata depan tunggal contohnya: but,for, into, on, forward, by, with, although,upon, between, dan masih banyak lagi lainnya. sedangkan untuk Complex preposition disebut dengan kata depan yang terdiri dari 2 kata preposisi atau lebih contohnya according to, inspite of, away from, dan masih banyak lagi lainnya yang membentuk makna khusus. bagi pemula disarankan untuk menghafal preposisi sebanyak 150 kata baik dalam bentuk one word preposition dan complex preposition. Berikut ini data mengenai one word dan complex preposition.

Tabel preposition
ONE WORD COMPLEX
about according to
above ahead of
across along with
before because of
behind by means of
Despite close to
for except for
next in place of
after such as

Sebelumnya saya mohon maaf karena hanya dapat menyajikan beberapa data saja terkait one word dan complex preposition ini dengan tampilan yang sedanya. Pasalnya akan terlalu repot membuat skrip HTML dengan banyaknya kata yang akan di input.  Selain itu saya juga yakin kalian bisa menemukan banyak contoh dari situs lain yang terkait. Ini hanyalah sedikit contoh dari jenis preposition.

Ada apa antara Conjuction dan Preposition?

Ada hal yang unik dari preposition dan Conjunction ini. prepostion sejatinya bukanlah kata penghubung (Conjunction). Meskipun kata preposisi dapat menempati kedudukan tersebut. mari kita lihat bagaimana perbedaannya

(1) Arham and Andi did their assignment but Zulfikri didn't.(Arham dan Andi mengerjakan tugasnya sedangkan Zulfikri tidak)

(2) I always go the school with Ema (saya selalu berangkat ke sekaolah bareng Ema)

Pada kedua kalimat diatas terdapat perbedaan yang terlihat diantara kedua fungsi kata preposisi but dan with. Sayangnya hal ini terkadang membingungkan, kedua kata tersebut tidak memiliki peran yang sama sebagai kata depan. Dengan kata lain salah satu dari mereka bertugas sebagai kata penghubung (Conjunction). Lalu yang mana, but atau with

"But" pada kalimat(1) bukan berfungsi sebagai preposisi dan berperan sebagai penghubung conjuction. Mengapa? Karena kata "but" digunakan untuk menghubungkan 2 kalimat yang berbeda (complex sentence) menjadi satu . Sedangkan pada kalimat(2) kata "with" jelas berkedudukan sebagai Object of Preposition, dimana kata "with" memberikan penguatan kepada object "...-Ema" bukan orang lain.

Apakah kata "but" termasuk bagian dari preposisi?

"Ya", kata "but" termasuk dalam bagian one word preposition. Kata ini dapat digunakan dengan berbagai cara seperti conjunction, preposition, atau adverb. 

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar