Present progressive

present progressive tense
present progressive tense

present progressive merupakan sebuah tindakan atau kegiatan yang sedang dilakukan atau sedang berlansung. Present progressive juga dikenal dengan nama lain yaitu present continuous tense.Bentuk dari dari present progressive terdiri dari 

S + be+ V+ ing, 

perhatikanlah beberapa contoh kalimat yang menggunakan present progressive:

- I am waiting for someone (saya sedang menunggu seseorang)

- She is dancing (dia sedang berdansa)

- They are duscussing about something (mereka sedang mendiskusikan sesuatu)

- Are you taking a note for this lesson? (apakah kamu sedang membuat catatan untuk pelajaran ini?)

-They are running to the yard (mereka sedang berlari ke taman tersebut)

- I am watching the movie (saya sedang menonton film tersebut)

Penggunaan present proggressive biasanya digunakan untuk menyatakan sebuah kegiatan:
  • menyatakan kegiatan saat ini dan sedang berlansung
(1) I am mailing my friends now (saya sedang menyurati temanku sekarang)

(2) He is waiting for someone (dia/laki-laki sedang menantikan sesorang)

(3) I am surving the internet now (saya sedang menjelajahi internet)


pada contoh (1) menerangkan bahwa kegiatan yang sedang dilakuakan oleh penutur masih sedang berlansung ketika kalimat tersebut di ucapkan. dalam hal ini, subject sedang membuat surat untuk dikirimkan kepada seseorang temannya. kalimat (2) menjelaskan bahwa subject tersebut sedang berada pada sebuah tempat untuk menantikan seseorang yang mungkin antara keduanya sudah membuat kesepakatan sebelumnya. dan kalimat (3) menyatakan bahwa subject sedang berada di depan komputer atau sedang menggunakan gadgetnya ataupun smart phone miliknya untuk mengakses kontent web yang di butuhkan.
  • digunakan untuk menyatakan kegiatan yang sedang berlansung tetapi kegiatan tersebut tidak dikerjakan oleh subject pada saat menuturkannya.
(4) I am quite bussy these day, I am doing my homework (saya benar-benar sibuk hari ini, saya sedang mengerjakan pekerjaan rumahku)

(5) I must go to the English club meeting, I am discussing for the new topic (saya harus menghadiri club bahasa Inggris, saya ingin mendiskusikan topic baru) 

pada kalimat (4) bermakna bahwa subject sedang menjalani harinya penuh dengan banyak aktifitas sehingga dia ingin sekali mengerjakan pekerjaan rumahnya pada saat itu juga, sayangnya dia sedang berada disuatu tempat. Pada kalimat (5) bermakna bahwa subject tersebut menginginkan suatu kondisi dimana dia berada pada satu club bahasa inggris dan mendiskusian topik yang dianggap menarik untuk dibahasa, sayangnya dia masih berada dirumahnya atau di suatu tempat yang lain
  • digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang berkesinambungan mengalami peningkatan dalam hal quantitas atau jumlah secara bertahap. Perhatikan contoh kalimat berikut:
(6) the members of this group is rising up over the time (anggota dari group ini terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu)

(7) the earth is slowly getting warmer (Bumi ini lambat laun akan menjadi semakin panas)

Kalimat (6) bermakna adanya peningkatan jumlah keanggotaan yang terus-menerus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Kalimat (7) bermakna bahwa bumi akan mengalami situasi terburuk dari kondisi saat ini tetapi peningkatan tersebut tidak terlihat secara jelas tapi dapat dirasakan, dan kondisi buruk yang sedang berlansung akan terus mengalami peningkatan, dalam hal ini pemanasan Global (Global warming).

Structure: 
present progressive juga memiliki pola tertentu dalam hal subjective, hal ini dapat dilihat:

I + Be (am) + V + Ing

You/We/They/ + Be (are)+ V + Ing

He/She/It/Arham/Asri  + Be (is) + V + Ing

untuk lebih mempermudah dalam memahami, pola ini akan di illustrasikan dengan tabel berikut:


Subject
Be
Verb Ing
I
Am
Working
Going
Talking
Moving
You, We, They
Are
Working
Going
Talking
Moving
He, She, It, Arham, Dewi, Syarife
Is
Working
Going
Talking
Moving

present progressive juga dapat dibentuk kedalam pola kalimat penyangkalan atau bentuk negatif , perhatikan pola kalimat berikut ini:

Subject + (am, is, are) + Verb + ing + Complement

- I am not working now (saya tidak bekerja sekarag)

- She is not making cakes (dia/ perempuan tiadak sedang membuat kue)

present progressive juga dapat dibentuk kedalam pola kalimat Yes/No Question (pola kalimat tanya), perhatikan pola kalimat berserta contoh berikut ini:

Be (am, are, is) + S +  V + ing + complement

Is he working now? (apakah dia sedang bekerja saat ini?)

Are they dancing ? (apakah mereka sedang menari?)

Perlu diperhatikan, bahwa dalam pembentukan kalimat yang menggunakan present continuous haruslah melihat pola struktur yang telah ditentukan sebagaimana yang telah saya jabarkan sebelumnya, ingatlah konstituent Be (am, are, is ) haruslah digunakan dengan tepat sesuai dengan unsur subjectivenya.

Silahkan test pemahaman kalian sudah sejauh mana kalian menguasai progressive tense ini. Test berikut ini berisi seputar pengetahuan dasar saja. silahkan berpartisipasi jika berkenan, tak perlu khawatir test dibawah gratis kok. Kalian ga perlu bayar. Hasil dari test akan langsung diumumkan saat kalian telah menjawab semua pertanyaan yang ada. Tak perlu ragu, nilai kalian tidak akan dipublikasikan.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar