Penggunaan causative HAVE dan GET



Causative Have dan Het
Apa yang dimaksud dengan causative Have dan Get? Causative have dan get dalam bahasa Inggris bermakna memerintahkan/meminta seseorang untuk melakukan sesuatu. Have dan Get umunya dikenal sebagai kata yang tergolong kedalam kata kerja (VERB) yang memiliki arti mempunyai dan memperoleh. Have dan Get juga digunakan dalam percakapan sehari-hari oleh penutur untuk menyatakan hal yang telah lampau dan sesuatu yang telah dipahami sebagaimana contoh berikut ini

I have done already (saya telah selesai)
 
I got it (saya paham)


Namun selain untuk menyatakan hal- hal diatas, have dan get juga dapat digunakan memerintahkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Nah sobatku, mari kita pelajari lebih lanjut bagaimana membuat pola kalimat causative  dengan menggunakan Have dan Get.

subject + have/has + Object (someone) + Infinitive

contoh kalimat:

I have him repair my mobile phone (saya menyuruh dia untuk memperbaiki ponsel ku)

Arham has Rian do the assignment
(Arham menyuruh Rian memngerjakan tugas tersebut) 

hal ini  juga dapat dinyatakan dalam bentuk causative of things (bentuk perintah tanpa diikuti oleh obyek nama atau orang , berikut pola kalimatnya:

Subject + Had + Object (things) + Past participle
berikut contoh kalimatnya:

(1) Adrian had the computer installed (Adrian menyuruh komputernya untuk diinstall)

(2) My teacher has a paper prepared (Guruku menyuruh untuk menyiapkan lembar kerja tugas untuk disiapkan)

secara lexical arti kata pada kalimat-kalimat di atas memang akan terasa membingungkan. Namun seperti itulah adanya.  Jika mungkin sobat nanti menemukan hal semacam ini di buku-buku tata bahasa Inggris (grammar), sobat ga usah bingung ya. Apa yang saya jabarkan disini hanya sekedar interpretasi saya pribadi terhadap banyak penulis yang biasanya membuat sobat merasa jenuh malas untuk membaca. Untuk itu, penulis berinisiatif membantu mempermudah sobatku sekalian. Dengan menyajikan pendekatan bahasa yang mudah.

Next lagi ya penjelasnnya. pola diatas sebenarnya dapat diartikan dengan mudah, mari kita gunakan gaya bahasa yang umumnya digunakan (konvensional). 

lihat pada contoh (1), kalimat ini dapat diartikan “Adrian telah meminta agar komputer milknya di install”  dan pada contoh (2) kalimat ini berarti “seorang guru (gurumu atau guruku) telah memerintahkan untuk menyiapkan lembar kerja tugas”. 

selanjutnya mari kita membuat pola kalimat perintah dengan menggunakan Get

Subject + Get/Gets + Object (someone) + To + Infinitive

contoh kalimatnya:

I get her to open the window (saya menyuruh dia untuk membuka jendala)

The teacher gets his students to collect the assigment soon (Guru menyuruh siswanya untuk mengumpulkan tugas secepatnya)

dapat juga dinyatakan dengan menggunakan pola berikut:

Subject + Got + Object (things) + Past Participle
berikut contoh kalimatnya:

I got the window opened (saya meminta agar jendela dibuka)

He got the book page found soon (dia meminta agar halaman buku tersebut ditemukan segera)


dalam penerapannya, tidak ada perbedaan yang khusus untuk menggunakan kalimat perintah menggunakan Have dan Get. keduanya boleh digunakan atau salah satunya saja. tergantung mana yang dianggap paling bersahabat atau paling friendly lah menurut kalian. Yang gampangnya aja, yang terpenting adalah praktek. itulah yang akan membawa anda pada keberhasilan. Okey! Saya sudahi dulu ya tulisan ini. Jangan lupa berikan tanggapan kalian di form komentar. Biar saya tahu bahwa kalian itu ada. Enjoy learning!

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Structure Bahasa Inggris

Positive and Negative degree of comparison

Penggunaan WHERE dan WHEN bahasa Inggris - grammar